Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Langgar UU Imigrasi, 239 WNA di Jateng Ditindak

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 239 warga negara asing (WNA) di Jawa Tengah dilakukan penindakan hukum. Mereka dilakukan penindakan karena melakukan pelanggaran tentang imigasi. Jumlah itu, tercatat sejak tahun 2018 hingga bulan Februari 2019 lalu. Mereka pada umumnya melanggar pasal 121 undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

Kepala Bidang Intelejen Penindakan Divisi Keimigrasian Kantor Wilaya Jawa Tengah Tohadi mengatakan sudah ada ratusan WNA asing yang telah dilakukan penindakan. Jumlah itu kurun waktu 14 bulan sejak Januari tahun 2018 hingga bulan Februari 2019.

”Mereka WNA dilakukan penindakan berupa tindakan adminitrasi keimigrasian (TAK) dan dilakukan penegakan hukum seara projusticia,” ujarnya kepada awak media.

Ia mengatakan, untuk rinciannya penindakan hukum secara TAK ada tahun 2018 ada sebanyak 197. Kemudian pada tahun 2019 ada sebanyak 31 penindakan.

”Sedangkan untuk penegakan hukum secara projusticia pada tahun 2018 ada sebanyak 9. Sementara pada tahun 2019 ada sebanyak 2 penindakan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, menurutnya para WNA ini melanggar berbagai macam pelanggaran. Mulai dari kawin campur hingga penyalahgunaan visa.

”Sejauh ini untuk WNA tidak luput dari pengawasan. Baik dari yang ada diwisata, kunjungan, hingga WNA tetap selalu diawasi,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...