Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ketua Komisi V DPR RI Setuju Reaktivasi Jalur Kereta Api di Pati 

MuriaNewsCom, Pati- Bupati Pati Haryanto meminta kepada DPR RI agar mendorong pemerintah pusat untuk mereaktivasi jalur kereta api sampai ke Bumi Mina Tani. Permintaan Haryanto ini ternyata mendapat dukungan dari Komisi V DPR RI.

Baahkan Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto setuju dengan rencana menghidupkan kembali jalur kereta api tersebut. Menurutnya, moda transportasi saat ini harus berkembang. Hal itu seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk.

“Saya sangat setuju dengan usulan Bapak Bupati terkait reaktivasi jalur kereta api itu. Memang, kita harus maju. Mode transportasi jangan hanya di jalan saja, tetapi kereta api juga perlu,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (19/3/2019).

Lebih lanjut, pemerintah juga harus memberikan alternatif lain untuk transportasi di Pati ini, salah satunya adalah kereta api. Apalagi sebelumnya sudah ada jalurnya. Hanya saja, saat ini memang sudah tidak aktif.

“Dengan adanya kereta api di Pati ini, nantinya masyarakat tidak hanya terpaku pada kendaraan umum saja untuk transpirtasi, tetapi juga bisa bepergian menggunakan kereta. Mudah-mudahan juga, ini bisa mengurai masalah saat lebaran,” tandasnya.

Baca: Di Depan Anggota DPR RI, Bupati Haryanto Minta Jalur Kereta Api ke Pati

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengaku bersedia membantu pemerintah pusat apabila jalur kereta api itu diaktifkan kembali. Apalagi, itu juga kebutuhan yang tidak kalah penting untuk percepatan transportasi.

“Kami siap membantu pemerintah pusat dalam hal pembebasan lahan,” terangnya.

Haryanto juga menambahkan, reaktifasi kereta api di Pati ini adalah untuk mengurai kemacetan. Selain itu juga untuk mengurangi beban jalan pantura.

“Kami telah mengikuti beberapa seminar nasional bahwa untuk menghindari kemacetan di jalur pantura, perlu adanya kereta api Semarang-Lasem. Kalau itu direalisasi, kami akan siap membantu,” tutupnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...