MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Baliho Capres dan Caleg Liar di Jalur Pantura Dipreteli Pakai Crane

0 72

MuriaNewsCom, Batang- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang bersama tim gabungan Polres Batang, Satpol PP, dan KPU Batang menertibkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dinilai melanggar peraturan.

Sejumlah baliho besar bergambar capres maupun caleg yang tersebar di jalur pantura Batang, diturunkan secara paksa.

Dengan menggunakan crane, petugas melepas APK yang terpasang di sepanjang jalan pantura meliputi Jalan Jenderal Sudirman (Jensud), Jalan Veteran dan RA. Kartini.

Divisi Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu, Mahbrur mengatakan penertiban APK yang melanggar dilakukan sesuai dengan peraturan. Pasalnya, APK-APK itu dipasang di tempat-tempat larangan.

“Penertiban ini dilakukan dengan melepas APK dengan sasaran lokasi yang dilarang sesuai dengan SK Bupati Batang dan peraturan KPU,” katanya.

Dijelaskan Mahbrur, sebelum penertiban ini pihaknya telah melakukan melayangkan surat pemberitahuan hingga surat imbauan kepada peserta pemilu.

Bawaslu juga mengutamakan sikap Cegah awas tindak (CAT) terlebih dahulu. Upaya penertiban APK akan terus digalakan sampai nanti menjelang hari tenang atau H-3 sebelum pencoboblosan.

“Namun sayang, seharusnya peserta pemilu tahu peraturan ini, karena sudah berlaku dari Pilgub. Kami juga sudah berikan surat pemberitahuan dan imbauan, bahkan surat rencana penertiban hari ini. Tetapi masih banyak yang terpasang sehingga harus ditindak dengan pencopotan,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Batang, Nur Topan yang memantau langsung pencopotan APK menuturkan, penertiban APK merupakan bagian dari upaya agar jalannya pemilu sesuai dengan aturan.

“Peserta pemilu diharapkan agar dalam pemasangan APK memperhatikan ketentuan yang ada baik mengacu pada Undang-undang, peraturan KPU (PKPU) atau SK Bupati tentang aturan pemasangan APK,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.