MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

110 Orang Meninggal Karena Kecelakaan, Polres Kudus Gencarkan Razia Kendaraan

0 1.940

MuriaNewsCom, Kudus – Angka kecelakaan lalulintas Kabupaten Kudus terus ditekan Satlantas Polres Kudus dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan menggelar razia rutin kendaraan bermotor.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Kudus Iptu Upoyo menjelaskan, razia kendaraan bermotor merupakan upaya preventif atau pencegahan pelanggaran lalu lintas. Para pelanggar akan ditindak sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

“Harapannya mereka jera dan tidak melanggar. Karena itu kita rutinkan razia,” katanya.

Ditambahkan Upoyo, sebagian besar kecelakaan lalu lintas dikarenakan adanya pelanggaran yang dilakukan pengendara. Baik dari segi kelengkapan, maupun cara berkendara.

“Karena itulah kami berharap para pengendara bisa sadar dan tertib berlalulintas,” tandasnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Kudus, Ikrar Potawari menambahkan, angka kecelakaan di Kudus memang terbilang tinggi untuk sekelas Kabupaten yang berada di seputaran pantura. Tercatat ada 712 kejadian kecelakaan selama 2018 lalu.

“Dari angka itu, korban meninggal dunia ada 110 orang. Tak hanya itu, total kerugian materinya pun mencapai Rp 246. 295 juta.

Upaya pencegahan lain selain razia adalah dengan menempatkan personel di daerah yang rawan terjadi kecelakaan. Biasanya di tempatkan di perempatan lalulintas.

“Memang kami tempatkan di titik-titik yang rawan terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Hanya, pihaknya mengaku tidak bisa menempatkan personelnya terus-menerus. Ia pun memfokuskan penempatan personel di jam-jam rawan pun dipilih.

“Kami berupaya sekuat mungkin untuk tekan angka kecelakaan dan pelanggaran di tiap tahunnya,” tandas Ikrar.

Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.