Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinsos Jateng Ajak Warga Ikut Bergerak Atasi Masalah Sosial

MuriaNewsCom, Pati – Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah mengadakan penyuluhan sosial di Aula Salza, Senin (18/3/2019). Penyuluhan ini dalam rangka peningkatan kualitas tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial di Jawa Tengah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jateng Agus Rubiyanto, Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv, perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Pati Tri Hayuni, serta para kelompok sosial di Pati.

Perwakilan Dinsos Jateng Agus Rubiyanto mengatakan, menyambut baik kegiatan ini. Apalagi diharapkan dapat meningkatkan kualitas tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial di Jawa Tengah.

Menurutnya, di Jawa Tengah ada sebanyak 33 juta penduduk. Banyak permasalah sosial yang terjadi. Terdiri dari kemiskinan, kecatatan, dan ketelantaran.

“Permasalahan ini harusnya cepat untuk ditangani oleh pemerintah. Namun tak hanya pemerintah saja. Perlu juga ikut serta masyarakat. Seperti karang taruna ataupun organisasi masyarakat lain untuk membantu permasalahan di masyarkat,” jelasnya.

Senada diungkapkan oleh Tri Haryuni Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Pati mengatakan, tingkat kemiskinan di Pati terus mengalami penurunan. Saat ini angka kemiskinan di Pati diangka 12,8 persen.

“Dengan peningkatan tanggung jawab sosial akan semakin baik. Harapan angka kemiskinan dari provinsi akan semakin menurun. Meskipun angka kemiskinan tak bisa dihilangkan secara keseluruhan,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pati terus berupaya untuk menekan angka kemiskinan dan permasalah sosialnya lainnya. Dengan demikian, permasalah sosial seperti kemiskinan, kecacatan dan lainnya di Pati semakin kecil.

Menanggapi hal ini,  Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv mengatakan persoalan sosial tak bisa dipisahkan menjadi tanggung jawab pemerintah. Ini menjadi komitmen Komisi E untuk mensejahtarakan rakyat.

“Banyaknya permasalahan sosial menjadi persoalan yang wajib diselesaikan. Sehingga ini membutuhkan perhatian dari seluruh kelompok masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, persoalan sosial terus berkembang. Bentuknya dinamis. Mulai dari kemiskinan, kesehatan, pendidikan. Ini menjadi perhatian serius oleh pemerintah.

“Permasalah sosial terus berkembang. Seperti masalah kemiskinan, masalah pendidikan, kesehatan. Makanya ini membutuhkan perhatian serius bagi kami,” ucapnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...