MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

800 Ribu Lebih Warga Jepara Wajib E-Ktp, 10 % Masih Proses

0 87

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara harus bekerja keras untuk melayani E-KTP bagi warganya. Sampai saat ini, dari jumlah keseluruhan warga Jepara yang wajib ber E-KTP, belum semuanya mendapatkannya.

Berbagai upaya dilakukan Disdukcapil Jepara untuk bisa memenuhi target agar semua warga yang wajib ber E-KTP tersebut bisa memilikinya. Salah satunya adalah dengan membuka layanan khusus di luar jam dinas. Seperti halnya yang terjadi pada Minggu (17/03/2019) di Rumah Jagong, Alun-Alun Jepara.

Kendatipun pelayanan yang dibuka pada Minggu (17/03/2019) masih kurang memuaskan warga, upaya ini tetaplah harus dihargai. Kepala Seksi Identitas Penduduk di Disdukcapil Jepara, Nur Ahmad menyatakan, jumlah warga wajib ber KTP di Jepara mencapai 800 ribu lebih.

Terutama terkait dengan Pemilu 2019, mereka semua harus bisa segera mendapatkannya agar bisa mendapatkan hak suara.

Dari jumlah 800 ribu lebih tersebut, diakui oleh Nur Ahmad belum semuanya telah memiliki E-KTP. Ada sebagian kecil dari jumlah tersebut, yang hingga saat ini harus segera mengurusnya. Mereka harus secepatnya bisa mendapatkan E-KTP terkait dengan hak suara mereka di Pemilu 2019.

“ Adapun, progres perekaman data E-KTP di Kabupaten Jepara saat ini telah mencapai 90 persen lebih. Itu dari jumlah 800 ribu lebih yang wajib memiliki E-KTP. Kami tentu berusaha keras untuk bisa menyelesaikannya,” ujar Nur Ahmad, Minggu (17/03/2019).

Sementara itu, Komisioner KPU Jepara, Muhammadun menyebutkan, sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan pada 9 Desember 2018, ada 876.490 warga yang bisa menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019. Artinya mereka ini harus memiliki E-KTP, karena basis pemilih didasarkan pada hal itu.

“Dari 876.490 orang pemilih tersebut, sebanyak 437.542 merupakan pemilih laki-laki dan 438.948 pemilih perempuan. Ini sesuai dengan DPT yang sudah ditetapkan beberapa waktu lalu,” ujar Muhamaddun.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.