MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jadi Band Paling Laris di Pati, Begini Awal Terbentuknya OAM Band

0 866

MuriaNewsCom, Pati – OAM Band menjadi band yang cukup laris untuk kategori lokal. Tak hanya terkenal di Pati, band yang bergenre country balada ini kerap manggung di berbagai daerah di eks-Karesidenan Pati.

Band ini memang sangat identik dengan Iwan Fals. Bahkan nama band yang bermarkas di Jalan Kembangjoyo, Nomor 194 Pati ini pun diambil dari salah satu judul lagu Bang Iwan. Yakni Obat Awet Muda.

Namun seperti apa kisah awal terbentuknya band OAM?. MuriaNewsCom berkesempatan berbincang-bincang dengan salah satu personel band OAM. Ia adalah Dwi sang gitaris sekaligus pemegang biola.

Menurutnya, OAM Band terbentuk sejak tahun 2004 lalu. Artinya sudah 15 tahun OAM berkiprah di dunia musik. Bahkan sampai sekarang para personel OAM pun tak pernah ganti.

Ia menyebut para personel OAM sebelumnya memang sudah saling kenal. Bahkan untuk vokalis, yakni Edi tak lain adalah adik kandungnya sendiri.
Berawal dari kesamaan suka di dunia musik, akhirnya terbentuklah OAM.

“Saya sendiri memegang gitar dan biola, di drum ada Hanteo, vokalnya ada Edi, gitar bas Bayu, keyboard Tejo, dan gitar melody Dody,” terangnya.

Ia mengatakan, nama OAM berasal dari salah satu judul lagu Iwan Fals, ‘Obat Awet Muda’. Apabila disingkat menjadi “OAM”. Sedangkan untuk genre musiknya, mereka sepakat memilih contry balada.

“Saya memang suka dengan Iwan Fals sejak SMP. Makanya kami mengambil nama OAM dan menyanyikan lagu-lagunua Iwan Fals,” katanya.

OAM sukses menjadi idola di Kabupaten Pati. Bahkan luar daerah Pati. Hal ini menjadikan komunitas fans Iwan Fals Orang Indonesia (OI) menjadi salah satu fans berat OAM.

“Untuk komunitas OI baru ada di Pati sekitar delapan tahun yang lalu. Dari generasi ke generasi. Kini OI Pati kebanyakan usianya SMP-SMA,” jelasnya.

Kini OAM tak hanya dikenal di Bumi Mina Tani saja. Melainkan ke luar daerah Pati. Bahkan pernah mengisi acara OI di Monas Jakarta.

“Seringnya diundang perusahaan rokok, pernah tampil di Jakarta acara OI nasional, di Jepara, Surabaya. Ya lingkupnya di Jawa Tengah,” tutupnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.