MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dipakai Parkir Kendaraan Muatan Berat, Saluran Drainase Alun-alun Purwodadi Ambrol

0 292

MuriaNewsCom, Grobogan – Banyaknya acara yang digelar di Alun-alun Purwodadi dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-293 Kabupaten Grobogan membawa dampak. Salah satunya adalah ambrolnya saluran drainase disisi selatan, seberang pintu gerbang pendapa kabupaten.

Titik saluran yang ambrol panjangnya sekitar 2 meter dengan lebar 1 meter. Lokasi ambrol berada disekitar bagian penutup drainase.

Rusaknya saluran drainase tersebut sangat disayangkan banyak warga. Terlebih, saluran itu baru saja ditata ulang pada akhir tahun 2018 lalu.

Berdasarkan keterangan warga, kerusakan saluran diperkirakan disebabkan dari banyaknya kendaraan berat yang parkir di lokasi tersebut saat ada acara di alun-alun, sejak awal Maret lalu. Antara lain, kendaraan pengangkut sound system, properti, panggung hingga genset.

“Awalnya, diatas saluran hanya kelihatan lubang kecil. Lama kelamaan lubangnya jadi membesar karena masih dilalui kendaraan yang membawa muatan berat,” kata Suroso, warga yang biasa jogging di alun-alun.

Warga berharap, ambrolnya saluran itu segera ditangani. Sebab, kondisi lubang yang cukup besar dinilai membahayakan pejalan kaki atau pengguna kendaraan.

“Kalau bisa cepat diperbaiki. Minimal, perlu dikasih tanda dulu supaya orang tahu kalau ada lubang,” cetus Ansori, warga lainnya.

Kabag Humas Pemkab Grobogan Teguh Hardjokusumo saat dikonfirmasi wartawan mengaku baru mendapatkan laporan kerusakan tersebut. Mendapati laporan tersebut, pihaknya segera meminta petunjuk pada pimpinan.

Menurut Teguh, kerusakan tersebut nantinya tidak bisa dikomplainkan pada Event Organizer (EO) dari penyelenggara kegiatan. Sebab, sebelumnya sudah ada kesepakatan kerjasama antara panitia lokal dengan pihak EO.

“Dalam kontrak itu ada klausul yang mana segala persiapan lokasi dari pra hingga usai acara merupakan tanggungjawab kami. Jadi perbaikan kerusakan nantinya akan menggunakan anggaran kabupaten,” kata Teguh.

Sementara itu, Kabid Pembangunan Peningkatan Jalan dan Jembatan DPUPR Grobogan Erry Subagyo mengatakan, terkait adanya kerusakan di kawasan alun-alun itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sebab, pada kawasan alun-alun ada yang jadi kewenangan DPUPR dan ada yang menjadi tanggungjawab DLH.

“Nanti akan kita lihat kondisinya dulu. Apakah titik kerusakan itu masuk pada aset kami atau DLH. Kalau itu masuk aset DPUPR maka akan segera kami perbaiki,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.