Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perempuan yang Ditangkap Densus 88 di Klaten Jaringan Abu Hamzah, Teduga Teroris Sibolga

0 225

MuriaNewsCom, Klaten- Perempuan berinisial Y yang ditangkap Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, di Klaten, Kamis (14/3/2019) kemarin diduga merupakan jaringan Abu Hamzah, terduga teroris Sibolga Sumatra Utara. Bahkan diduga Y dan Abu Hamzah sudah merencanakan aksi teror.

Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, menyatakan, Abu Hamzah merekrut tiga perempuan untuk dijadikan pengikut dan bakal isrti keduanya. Salah satunya adalah Y alias Khodijah, perempuan yang ditangkap di Klaten.

“AH sudah ada (merekrut) tiga wanita. Yang satu istrinya (Solimah) yang meledakkan diri, yang kedua R yang direkrut sebagai istri keduanya dan yang terakhir Y, ditangkap di Klaten,” katanya dikutip dari detik.com, Jumat (15//2019).

Ia menyebut, Abu Hamzah yang diketahui merupakan bagian dari jaringan ISIS ini menggunakan pola merekrut perempuan untuk menjalankan aksinya.

R yang akan dijadikan sebagai istri kedua, merupakan janda dari terduyga teroris berinisial A yang tewas tertembak saat penggerebakan oleh polisi beberapa waktu lalu.

Sementara Y alias Khodijah, disebutnya sudah merencanakan aksi teror bersama Abu Hamzah. Perempuan ini disebut akan melakukan aksi bersama AH.

”Y alias Khodijah ditangkap di Klaten kemarin sore. Y sudah merencanakan juga bersama AH. Kemudian dia itu akan melakukan amaliyah bersama AH,” jelas Dedi.

Perempuan ini juga diketahui membuat video berkonten ancaman kepada polisi. “Mereka ini satu kelompok jaringan, dari Lampung, Sibolga, dan Klaten,” imbuh Dedi.

Baca: Perempuan Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Klaten

Sebelumnya diberitakan, Seorang perempuan berinisial Y (35) ditangkap Densus 88 Antiteror di Klaten. Perempuan ini ditangkap di sebuah rumah di Dukuh Desan Wetan RT 5 RW 2 Desa Joton, Jogonalan, Kabupaten Klaten.

Dilansir Antara, penangkapan dilakukan pada Kamis (14/3/2019) sore. Densus 88 juga mengerahkan polisi wanita (polwan) dalam proses penangkapan itu.

Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi, Jumat (15/3/2019) membenarkan penangkapan itu. Saat ini, perempuan itu diamankan di Mapolres Klaten untuk pemeriksaan sementara.

Saat ditangkap, perempuan itu tidak melakukan perlawanan. Aries mengatakan, petugas polisi wanita juga diminta untuk melakukan pemeriksaan pada badan terduga teroris namun tetap tidak ditemukan barang bukti apapun.

Sebelumnya polisi menggerebek rumah Abu Hamzah di Sibolga. Terjadi beberapa ledakan, istri Abu Hamzah, Solimah diketahui melakukan aksi bom bunuh diri. Polisi juga menemukan banyak bom rakitan di rumah tersebut.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.