MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cuaca Ekstrem, BPBD Pati Imbau Masyarakat Lebih Waspada Bencana

0 64

MuriaNewsCom, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana alam. Apalagi, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada bulan Januari hingga Maret 2019 kondisi cuaca terbilang ekstrem.

Hal ini diungkapkan, Kepala BPBD Kabupaten Pati Sanusi saat meninjau tempat kejadian bencana angin puting beliung di Desa Bumiharjo Kecamatan Winong, Pati, Jumat (15/3/2019) pagi tadi.

“Berdasarkan BMKG bulan Januari hingga bulan Maret ini kondisi cuaca ekstrim. Potensi terjadi banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung,” katanya.

Ia mengatakan, sudah ada beberapa kejadian bencana alam dari bulan Januari hingga pertengahan bulan Maret 2019 ini. Tercatat bencana alam terjadi di 12 Kecamatan yang tersebar di 39 desa Kabupaten Pati.

“Ditambah kejadian angin puting beliung di Kecamatan Winong yang terjadi di dua desa. Jadi ada sebanyak 41 desa di 13 kecamatan yang terkena bencana alam,” terangnya.

Untuk itu, Sanusi mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Pati untuk selalu waspada terkait bencana alam. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, berlindung ke tempat yang aman saat hujan lebat.

“Perhatikan lingkungan sekitar. Karena menjaga lingkungan ini adalah kewajiban bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, angin puting beliung menerjang di dua desa di Kecamatan Winong, Kamis (14/3/2019) malam. Sebanyak 30 rumah warga setempat mengalami rusak ringan hingga rusak berat.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.