MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Malam Ini, Dalang Wedok Bakal Semarakkan Pagelaran Wayang Kulit di Halaman Setda Grobogan

0 257

MuriaNewsCom, GroboganRangakaian peringatan Hari Jadi ke-293 Kabupaten Grobogan bakal berlanjut malam ini, Jumat (15/3/2019). Yakni, pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang ditempatkan di halaman Setda Grobogan.

Pagelaran wayang kulit yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dipastikan berbeda dari sebelumnya. Hal ini terkait dengan dalang yang bakal tampil dalam pagelaran wayang nanti bukan pria tetapi seorang perempuan.

“Iya, benar. Pagelaran wayang kulit malam nanti memang menampilkan dalang wedok atau perempuan. Namanya, Nyi Wulan Sri Panjang Mas dari Wonogiri,” ungkap Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Ia menyatakan, pagelaran wayang akan menampilkan lakon atau cerita Srikandi Kridha. Pagelaran wayang kulit ini digelar dalam rangkaian peringatan HUT ke-293 Kabupaten Grobogan.

“Bagi penggemar wayang kulit, silahkan datang kesini. Rencananya, pagelaran wayang akan dihadiri jajaran FKPD dan para pejabat lainnya,” jelasnya.

Dalam pentas nanti ada dua bintang tamu yang akan hadir. Yakni, pelawak Garang Salatiga dan Morista. Kehadiran bintang tamu ini diyakini akan menjadi hiburan tersendiri buat penonton.

Marwoto menambahkan, sejauh ini, animo warga untuk menyaksikan pagelaran kesenian tradisional itu masih cukup tinggi. Terbukti, dalam setiap pentas rutin tiap malam Jumat Kliwon di pendapa kabupaten masih ada ratusan warga yang datang menyaksikan pagelaran wayang hingga usai.

“Pagelaran wayang seperti ini memang perlu kita lestarikan. Terutama pada generasi muda agar tahu kalau kita punya kesenian tradisional yang luar biasa,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.