MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sudah Bayar Puluhan Juta Tapi Tak Kunjung Diberangkatkan, 15 Calon TKI di Pati Lapor Polisi

0 3.399

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 15 calon tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Pati melaporkan kasus penipuan yang diduga dilakukan PJTKI Asalam Karya Manunggal di Bekasi kepada Polres Pati, Kamis (14/3/2019). Mereka merasa ditipu karena janji diberangkat bekerja ke luar negeri hingga sekarang tak kunjung berangkat.

Padahal mereka sudah menyetorkan uang puluhan juta ke agen PJTKI tersebut.

Salah satu calon TKI Yudi warga Kecamatan Gabus mengatakan, sudah hampir satu tahun tak kunjung diberangkatkan ke luar negeri.

“Proses masuknya pada bulan Juli 2018 lalu. Hingga sekarang hampir 9 bulan lamanya tak kunjung ada kabar berangkat. Sedangkan yang bersangkutan namanya Bu Asih jika dihubungi tidak ada kabar,” ujarnya kepada awak media, Kamis (14/3/2019).

Padahal, menurutnya sudah ada beberapa calon TKI yang menyetorkan uang. Nilaninya pun terbilang besar. Ada yang sudah setor Rp 22 juta hingga Rp 37 juta.

“Itu sudah lunas. Belum lagi prosesnya itu harus medikal biayanya Rp 2,5 juta di Semarang. Lalu disuruh bayar Rp 7,5 juta untuk sending data ke PT Asal Karya Manunggal di Bekasi,” ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum mereka Riyanta mengatakan, kasus ini berkaitan dengan dugaan penipuan yang dialami para calon TKI. Mereka dijanjikan bekerja di Taiwan. Namun hingga sekarang tak kunjung berangkat. Padahal mereka sudah menyetorkan uang puluhan juta.

“Ketika dikonfirmasi tidak ada di tempat, ditelepon ndak mengangkat. Ketika didesak malah ngancam suruh melaporkan ke polisi,” terangnya.

Untuk itu, ia mengaku mendorong kasus ini agar segera diproses secara hukum. Sebab, menurutnya dugaan masih banyak lagi para calon TKI yang telah terkena tipu.

“Yang sudah terindenfikasi ada 15 orang. Kemudian masih ada puluhan yang menyebar dari Kecamagan Winong, ada Kayen, dan Kecamatan Gembong,” jelasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.