MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

LGNOTA Jepara Telah Fasilitasi 9 Ribu Lebih Anak Asuh

0 30

MuriaNewsCom, Jepara-  Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGNOTA) Kabupaten Jepara, sejak 2014 sampai akhir 2018 lalu sudah memfasilitasi anak asuh sebanyak 9.124 anak. Total dana santunan yang sudah digunakan untuk memfasilitasi anak asuhnya, jumlahnya mencapai Rp 2 miliar.

Ketua Umum LGNOTA Jepara, Yuliati Junaidi menyatakan, dari jumlah anak asuh tersebut, untuk jenjang pendidikan SD/MI mencapai 4.853 anak. Kemudian untuk jenjang SMP/MTs sebanyak 4.271 anak.

LGNOTA Jepara sendiri sampai saat ini menjadi satu-satunya LGNOTA yang mampu memberikan bantuan secara berkesinambungan, di antara LGNOTA kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

“Sampai saat ini telah terbentuk 16 FKKOTA (Forum Komunikasi Kelompok Orang Tua Asuh), yang tersebar di masing-masing kecamatan. Kami juga telah menggalang Orang Tua Asuh (OTA) ,” ujar Yuliati, Kamis (14/03/2019).

Untuk OTA yang saat ini sudah digalang jumlahnya sebanyak 149 anggota dari kategori perseorangan. Kemudian ada juga yang berasal dari kategori Instansi yang jumlahnya 9 instansi. Terakhir dari kategori perusahaan sudah ada 5 perusahaan yang secara aktif menjadi OTA.

Yuliati Junaidi sendiri kembali secara resmi terpilih sebagai ketua umum LGNOTA Jepara Periode 2019-2024, dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LGNOTA Kabupaten Jepara 2019. Sebelumnya sejak 2014 sampai 2018 ia sudah menjabat posisi ini.

Pemerintah Kabupaten Jepara, melalui Asisten III, Edy Sujatmiko menyatakan terima kasih kepada LGNOTA Jepara. Keberadaan mereka sangat membantu program pemerintah.

Peran LGNOT bisa menjadi  pelengkap program bantuan sekolah yang telah digulirkan.

Bantuan Oprasional Sekolah (BOS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), maupun Program Keluarga Harapan (PKH), dipastikan tidak bisa serta merta menyelesaikan masalah pendidikan di Indoenesia secara keseluruhan. Keberadaan LGNOTA akhirnya bisa melengkapi kekurangan-kekurangan itu.

“LGNOTA membantu anak-anak keluarga tidak mampu agar bisa sekolah dan menyelesaikan pendidikan dasar. Dengan demikian, maka program wajib belajar 9 tahun akan bisa terbantu diwujudkan,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.