MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sejumlah Ruas Jalan di Semarang Ini Bakal Ditutup Saat Apel Kebangsaan

0 833

MuriaNewsCom, Semarang- Apel kebangsaan ’Kita Merah Putih’ yang bakal digelar di Lapangan Pancaila Simpanglima Semarang, Minggu (17/3/2019) diperkirakan akan dihadiri ratusan ribu orang dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Oleh karenanya, pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas, termasuk menyiapkan kantong-kantong parkir.

Andi Susmono, Kasi Keselamatan Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Jateng mengatakan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan menutup sejumlah ruas jalan. Jalan-jalan yang ditutup itu sebagain juga digunakan untuk kantong parkir.

”Rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan yang menuju ke Simpanglima Semarang. Penutupan dilakukan mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB,” katanya.

Ruas jalan yang ditutup yakni Mgr Sugiyopranoto- Tugumuda – Imam Bonjol – Pandanaran – Veteran – Taman Indonesia kaya – Gajah Mada – A. Yani – MT. Haryono – Dr. Cipto – Kompol Maksum.

Apel kebangsaan ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 130 ribu orang. Kendaraan yang digunakan untuk mengangkut ditaksir mencapai sekitar 1.400 bus. Mengatasi hal itu, panitia telah menyiapkan beberapa zona parkir yang mampu menampung mencapai 1.471 bus.

“Panitia telah menyiapkan tiga zona parkir yang mampu menampung 1.471 bus. Terdiri dari tiga zona, yakni zona timur, barat dan selatan,” ujarnya.

Untuk zona timur meliputi Jalan dr Cipto, Jalan Kompol Maksum, Jalan MT Haryono dan Jalan Mayjen Soetoyo.  Zona barat meliputi Jalan Imam Bonjol, Jalan Mgr Soegijapranata dan Jalan Pemuda. Untuk zona selatan disiapkan kawasan parkir di Wonderia, Jalan Pahlawan, Jalan Kiai Saleh dan Jalan Menteri Supeno.

Baca : Slank Ajak Fans Merah Putihkan Apel Kebangsaan di Semarang

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Achmad Rofai mengatakan, akan ada empat panggung dalam rangkaian kegiatan Apel Kebangsaan ‘Kita Merah Putih’.

Empat panggung tersebut terdiri dari panggung utama dan tiga panggung pendukung. Untuk panggung utama, kata Rofai, akan berdiri di lapangan Simpang Lima sisi timur menghadap ke barat.

Letto akan jadi band pembuka pada pukul 07.00 WIB dan disusul band lokal. Sebagai penutup segmen Suara Kebangsaan, pada pukul 08.30 WIB Slank akan tampil sekitar 1 jam. Semakin gayeng, panggung akan dipandu oleh Desta dan Vincent.

“Untuk orasi kebangsaan diisi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mahfud MD, KH Maimoen Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq Jenderal Pol Tito Karnavian, Marsekal Hadi TNI Hadi Tjahjanto dan sejumlah tokoh lintas agama,” katanya.

Sementara panggung kedua berada di Jalan Pahlawan. Panggung ini akan memanjakan pecinta dangdut, karena penyanyi cantik asal Surabaya, Nella Kharisma akan menyumbangkan suara emasnya di sini selama satu jam.

Panggung ketiga yang berada di jalan Pandanaran akan jadi tempat penampilan Armada Band. Sementara panggung keempat di Jalan Ahmad Yani akan tampil penyanyi solo Virza.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.