Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Target Pemprov Jateng Soal Kemiskinan: Tahun 2023 Tinggal 7,88 Persen

0 72

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen terus menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah. Bahkan pemprov menargetkan angka kemiskinan turun di angka 7,88 persen pada tahun 2023 mendatang.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat memberikan sosialisasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di ruang Penjawi Kabupaten Pati, Kamis (14/3/2019).

“Kami mendorong angka kemiskinan di Jawa Tengah terus mengalami penurunan. Kami menargetkan 7,88 persen kemiskinan di Jawa Tengah pada akhir tahun 2023 mendatang,” jelasnya.

Ia menyebut, penurunan angka kemiskinan di Jateng tahun lalu memang tak begitu maksimal. Oleh karenanya dibutuhkan berbagai terobosan untuk menekan angka kemiskinan di provinsi ini.

“Maka dari itu program pengentasan kemiskinan menjadi program prioritas pemerintah Jateng,” jelasnya.

Lebih lanjut, saat pemerintah provinsi tengah melaksanakan program kroyokan. Program ini diklaim dapat mengentas kemiskinan di Jawa Tengah.

“Kita akan turun. Tiap OPD dan BUMD memiliki satu atau dua desa binaan. Sehingga kemiskinan dapat diatasi,” ujarnya.

Baca : 745 Desa Miskin Jadi Binaan Dinas-dinas di Pemprov Jateng

Sebelumnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga mengatakan hal yang sama. Ia menyatakan, seluruh OPD dan BUMD di Jateng akan dikerahkan untuk mendampingi desa-desa miskin di provinsi ini.

Ada 745 desa yang menjadi target untuk pengentasan kemiskinan. Ratusan desa itu tersebar di 14 kabupaten yang masih masuk dalam zona merah kemiskinan di Jawa Tengah.

Ganjar menyebut, jumlah warga miskin di provinsi ini tercatat masih sekitar 3,87 jiwa. Sehingga diperlukan upaya percepatan dan terobosan untuk menekan angka kemiskinan.

”Seluruh OPD dan BUMD Pemprov kita arahkan untuk menggarap satu sektor di desa miskin agar pada 2023 tingkat kemiskinan di Jawa Tengah hanya tersisa 7 persen,” kata Ganjar.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.