MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PNS di Jepara Harus Jadi Panutan Tertib Pajak

0 29

MuriaNewsCom- Jepara- Masih ada waktu dua pekan bagi Wajib Pajak (WP) di Kabupaten Jepara untuk segera melakukan pelaporan pajak tahunannya. Terutama ntuk para ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemkab Jepara.

Imbauan ini disampaikan secara langsung oleh Assisten III Setda Jepara, Edi Sujatmiko, dalam acara Pekan Panutan SPT tahunan lewat E-filling,di Pendapa Kartini Jepara, Rabu (13/02/2019).

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Jepara, diharapkan segera melaporkan surat pemberitahunan (SPT) tahunan, untuk pajak 2018 sebelum tanggal 31 Maret 2019.

Disebutkan Edi Sujatmiko, sebelumnya Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Dian Kristiandi, sudah melaporkan SPT tahunan terlebih dulu pada 12 Maret 2019. Sedangkan Sekda Jepara Ir. Sholih, bahkan sudah melaporkannya sejak awal Febuari 2019 lalu. Mereka diharapkan bisa menjadi panutan bagi semua ASN di Jepara.

“Bapak bupati, wakil bupati dan sekda sudah melaksanakan kewajiban menyampaikan laporan SPT tahunan. Sikap ini sudah seharusnya menjadi panutan kita semua para ASN di Jepara untuk melakukan hal yang sama,” ujar Edi Sujatmiko.

Pajak sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembangunan. Pajak perorangan yang terkumpul, akan dikembalikan lagi ke daerah, lewat dana perimbangan, dana bagi hasil pajak, dana alokasi khusus (DAK), maupun dana alokasi umum (DAU) ke keuangan daerah.

Semakin tinggi pajak yang dibayarkan oleh masyarakat di sebuah daerah, maka dana bagi hasil yang diterima dari pemerintah pusat juga akan semakin besar. Karena itu budaya tertib terhadap pajak, harus terus dikembangkan di masyarakat khususnya masyarakat Jepara.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeriksaan di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Jepara, Puji Mumpuni mengatakan, bulan Maret merupakan bulannya pajak. Setiap tanggal 31 Maret, merupakan batas akhir SPT tahunan pribadi.

ASN, TNI/Polri wajib menyampaikan SPT tahunannya melalui e-filing. Kegiatan Pekan Panutan SPT, sendiri merupakan kegiatan rutin yang digelar Kantor Pajak untuk mengingatkan kepada para WP. Selain itu juga digunakan untuk melakukan sosialisasi berkaitan dengan masalah pajak.

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.