MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

3 Tahun, 28 Kapal Nelayan Terbakar di  Pelabuhan Juwana Pati

0 209

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 28 kapal terbakar di Pelabuhan Juwana. Jumlah itu terhitung dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Yakni mulai tahun 2015 hingga peristiwa terakhir tahun 2018.

Selama itu, hanya pada tahun 2016 saja yang tercatat tak terjadi kebakaran kapal di Pelabuhan Juwana. Sisanya, selalu terjadi kebakaran dengan jumlah kapal yang terbakar lebih dari tiga kapal.

Ini terjadi karena nelayan sering menambatkan kapal secara berdempetan. Sehingga ketika satu kapal terbakar, maka akan cepat merembet ke kapal lain.

Kanit Gakum Satpol Air Polres Pati Tamyis mengatakan, kejadian kebakaran di Pelabuhan Juwana sering terjadi. Pada tahun 2015 lalu kejadian kebakaran menghabiskan lima kapal nelayan.

Selanjutnya pada tahun 2017 terjadi dua kejadian kebakaran kapal. Pertama kejadian kebakaran mengabiskan lima kapal nelayan. Serta kedua pada bulan Juli 2017 ada sebanyak 13 kapal nelayan terbakar.

“Hingga pada tahun 2018 kemarin, kebakaran kapal nelayan kembali terjadi. Yakni ada sebanyak lima kapal nelayan yang terbakar,” katanya, Rabu (13/3/2019).

Baca: Pakai Perahu Modifikasi Koramil Juwana, Safin Simulasikan Pemadaman Kebakaran Kapal

Ia mengatakan, ada banyak faktor penyebab terjadi kebakaran kapal. Di antaranya kapal yang tidak dilengkapai dengan blower. Lalu proses perbaikan kapal dengan cara dilas, tapi tidak dilakukan di dok.

“Pada saat pengelasan biasanya pekerja langsung pulang. Tidak menunggu sisa apinya padam terlebih dahulu,” ujarnya.

Untuk itu, pihak Satpol Air Polres Pati terus gencar melakukan pencegahan. Yakni dengan melakukan langkah preventif. Seperti melaksanakan pemetaan titik kerawanan kebakaran.

Berikutnya memasang imbauan keselamatan kebakaran kapal. Mengimbau pemilik kapal, pekerja kapal untuk mematuhi peraturan terpadu. Serta melakukan patroli dan pengaturan kapal.

“Dengan begitu kejadian kebakaran dapat diminimalisir. Bahkan dicegah agar tidak terjadi kebakaran,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.