MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bulan Depan Mulai Dibangun, Bandara Wirasaba Bakal Jadi Kebanggaan Jateng Selatan

0 1.553

MuriaNewsCom, Purbalingga- Bandara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga mulai April 2019, mulai dibangun untuk menjadi bandara komersial. Bandara ini nantinya diyakini akan menjadi kebanggan warga di Jateng bagian selatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan menyebut pembangunan Bandara Wirasaba merupakan momentum kebangkitan wilayah Selatan Jateng.

“Ini momentum untuk wilayah-wilayah selatan, khususnya eks-Keresidenan Banyumas untuk bangkit. Begitu bandara jadi, pertumbuhan ekonomi pasti akan meningkat,” kata Ganjar.

Apalagi di wilayah Jateng selatan tersebut terdapat banyak potensi mulai dari pariwisata, kerajinan, kuliner. ”Yang itu akan membuat lokasi ini banyak banjiri wisatawan,” ujarnya.

Purbalingga dan Banyumas, lanjut Ganjar, pasti akan menjadi penerima pertama dari manfaat pembangunan bandara. Namun, dia meyakini jika efek Bandara Wirasaba akan semakin meluas dan menjangkau daerah-daerah lainnya.

“Pemalang, Wonosobo, Banjarnegara dan daerah lain pasti juga akan terdampak. Untuk itu saya pesan, tolong dipersiapkan sejak dini semua hal, khususnya aksesbilitasnya harus diperhatikan jauh-jauh hari,” katanya.

Pembangunan bandara ini akan membutuhkan waktu selama setahun. Ditargetkan pada April 2020 mendatang bandara tersebut sudah mulai beroperasi.

Bandara ini akan dibangun dengan landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan lebar sekitar 30 meter. Dengan landasan pacu sepanjang itu, maka pesawat jenis ATR sudah bisa mendarat.

Pembangunan Bandara Wirasaba ini juga menjadi perhatian pemerintah pusat. Selasa (12/3/2019) kemarin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan bandara.

Ia menyebut, saat ini tidak ada masalah yang berarti hanya tinggal menyelesaikan masalah administrasi saja.  Budi Karya pun tak khawatir jika ada ketakutan bandara ini nantinya akan sepi.

Budi yakin jika Bandara Wirasaba akan selalu ramai. Sebab menurutnya, bandara ini memiliki lokasi sangat strategis dan berada di lokasi yang alternatif jalannya minim.

“Kalau di bandara lain kan aksesnya banyak, kalau di sini alternatif jalannya sedikit. Selain itu, lokasi eks Keresidenan Banyumas memiliki banyak potensi baik wisata, kerajinan dan sebagainya. Jadi saya optimistis Bandara ini akan selalu ramai dan mempercepat pembangunan di wilayah sekitarnya,” tegasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.