MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pakai Perahu Modifikasi Koramil Juwana, Safin Simulasikan Pemadaman Kebakaran Kapal

0 118

MuriaNewsCom, Pati – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pati mengadakan simulasi kebakaran kapal di bantaran Sungai Silugonggo turut Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana, Selasa (12/3/2019).

Uniknya, bukan kapal pemadaman kebakaran yang digunakan untuk simulasi. Namun perahu nelayan yang dimodifikasi untuk pemadam kebakaran.

Dari pantauan MuriaNewsCom, perahu nelayan dimodifikasi ditambah dengan mesin pompa air dan selang untuk menyemprot air. Perahu ini merupakan karya personel Koramil Juwana.

Terlihat, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin didampingi Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Ariyanto dan Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan bergantian menggunakan semprotan pemadam kebakaran.

Safin sapaan akrabnya mengatakan, saat ini jumlah kapal nelayan di atas 30 GT jumlahnya ratusan. Tepatnya ada 800 kapal nelayan.

“Dampak bisa negatif dan positif. Negatifnya terjadi bencana kebakaran,” ujarnya, Selasa (12/3/2019).

Ia mengatakan, faktor terjadi kecelakaan kapal sangat banyak sekali. Hal ini lah yang menjadi momok pemilik kapal. Salah satu penyebab kebakaran karena ketidakdisiplinan.

“Biasanya itu saat perbaikan, pengelasan kapal di posisi bukan di dok. Malahan di dekat banyak kapal. Mungkin doknya belum banyak. Dan kurang disiplin,” ujarnya.

Dengan adanya modifikasi kapal pemadam kebakaran ini diharapkan dapat membantu apabila ada kejadian kebakaran kapal. Sebab, saat ini Pemerintah Kabupaten Pati baru memiliki satu kapal pemadam.

“Adanya modifikasi kapal dari Koramil Juwana ini sangat membantu pemerintah. Apalagi, harganya relatif murah,” jelasnya.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Septiwi Mumpuni menyambut baik adanya modifikasi kapal pemadam kebakaran tersebut.

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.