MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Izin Operasional Habis, Pemegang Kartu JKN Tak Bisa Terlayani di RSI Purwodadi

0 113

MuriaNewsCom, GroboganUntuk sementara waktu, masyarakat yang memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak bisa terlayani di Rumah Sakit Islam (RSI) Purwodadi. Sebab, pihak BPJS kesehatan untuk sementara menghentikan kerjasama dengan RSI Purwodadi.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Grobogan Theresia Dian Pramudita saat dimintai komentarnya membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, penghentian kerjasama dengan RSI Purwodadi dilakukan terhitung per tanggal 8 Maret 2019 lalu.

Dijelaskan, alasan penghentian kerjasama disebabkan habisnya izin operasional yang dimiliki RSI Purwodadi per tanggal 8 Maret tersebut. Sesuai regulasi, pihaknya tidak bisa melakukan kerjasama dengan fasilitas kesehatan yang izin operasional habis.

“Terkait dengan kondisi itu, kami sudah menyampaikan informasi pada fasilitas kesehatan tingkat pertama agar bisa menyesuaikan dalam memberikan rujukan terhadap pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Untuk kerjasama dengan RSI Purwodadi nantinya bisa dilanjutkan lagi setelah izin operasionalnya diperpanjang terlebih dahulu,” jelasnya, Selasa (12/3/2019).

Sementara itu, Direktur RSI Purwodadi Ahmad Sidiq mengatakan, habisnya izin operasional tersebut bermula dari terlambatnya pendaftaran kepengurusan baru Yayasan Wakaf Ukhuwah Islamiyah (YWUI) di Kemenkumham. Selama ini, RSI Purwodadi memang berada di bawah naungan YWUI. Keterlambatan mendaftarkan kepengurusan baru ini berimbas pada terhambatnya proses perpanjangan izin operasional RSI Purwodadi.

Meski demikian, ia menegaskan, saat ini perpanjangan izin operasional RSI Purwodadi masih dalam proses. Bahkan, pihaknya juga sudah mengantongi surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

“Untuk proses di Kemenkumham sudah selesai sejak beberapa hari lalu. Mestinya hari ini izin operasional itu keluar. Kalau tidak, kemungkinan besok sudah bisa keluar. Terkait kondisi ini, untuk sementara, pasien BPJS memang belum bisa terlayani karena terbentur regulasi itu,” katanya pada wartawan.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Slamet Widodo mengatakan, pihaknya memang sudah memberikan rekomendasi perpanjangan izin operasional RSI Purwodadi. Sebelumnya memang ada penghentian sementara dari BPJS lantaran izin operasional habis.

“Rekomendasi sudah kita berikan untuk RSI Purwodadi. Mudah-mudahan, dalam waktu izin operasionalnya sudah segera keluar sehingga pasien BPJS dapat kembali terlayani,” katanya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.