MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Warga Jepara Bakal Nyoblos di Luar Daerah, Sebagian Hak Milih Caleg Bisa Hilang

0 257

MuriaNewsCom, Jepara – Pengajuan permohonan formulir A-5 untuk pindah tempat nyoblos Pemilu 2019, masih diperbolehkan sampai 17 Maret 2019 mendatang. Dengan menggunakan formulir A-5, seseorang bisa melakukan pencoblosan di luar TPS di mana seorang pemilih tercatat.

Di Kabupaten Jepara, KPU Jepara mencatat sampai Selasa (12/03/2019) sudah ada ribuan orang yang menggunakan fasilitas ini. Komisioner KPU Jepara, Muhamaddun menyebutkan sudah ada 1.258 warga Jepara yang mengajukan permohonan Formulir A-5 ini.

Saat melakukan sosialisasi di Desa Mantingan, Tahunan, Jepara, Selasa (12/03/2019) Muhamadun menyatakan mereka sudah disetujui untuk mencoblos di luar Jepara. Sedangkan untuk warga luar daerah yang mengajukan  permohonan untuk bisa mencoblos di Jepara, saat ini tercatat sudah mencapai 551 orang.

“Dengan formulir A-5 dimungkinkan hal itu bisa dilakukan. Asalkan dengan alasan-alasan yang disetujui oleh aturan perundangan Pemilu 2019. Namun demikian ada konsekuensi-konsekuensi yang harus diterima oleh si pemilih,” ujar Muhamaddun.

Konsekuensi yang dimaksud, adalah kemungkinan hilangnya hak suara untuk pemilihan-pemilihan di luar Pemilu Presiden-Wakil Presiden.

Seorang  pemilih yang berpindah tempat nyoblos di luar provinsi, hanya akan bisa memberikan suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Jika masih di dalam satu provinsi, maka hak pilihnya akan disesuaikan dengan daerah pemilihan di mana si pemilih akan melakukan pencoblosan.

Di Kabupaten Jepara, ada banyak warga yang mengajukan permohonan Formulir A-5 kemungkinan besar karena mereka merupakan warga boro (pekerja) di luar daerah. Di beberapa wilayah, banyak warga Jepara yang memang bekerja di luar daerah.

“Pemilih dari luar daerah yang mengajukan permohonan bisa nyoblos di Jepara, sebagian besar merupakan mereka yang bekerja di PLTU Tanjung Jati B dan para penghuni Ponpes yang banyak ada di Jepara,” jelasnya.

Baca: Ratusan Orang di Jepara Minta Surat Pindah Nyoblos

Kesempatan untuk mengajukan Formulir A-5 sendiri masih dibuka sampai 17 Maret 2019, atau sebulan sebelum pemungutan suara dilakukan. Masyarakat yang akan pindah nyoblos ke luar daerah bisa mengajukannya di KPU Jepara, atau KPU kota/kabupaten  tempat di mana akan dituju.

Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan ingin pindah nyoblos di Jepara.

“KPU sudah menggunakan sistem online. Pengajuan formulir A-5 dilakukan dengan persetujuan dari KPU di mana pemilih tercatat. Sehingga perpindahan pemilih ini tetap bisa terdeteksi,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.