Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Apel Siaga, Begini Simulasi Polisi Vs Massa Pengamanan Pemilu 2019 di Grobogan

0 60

MuriaNewsCom, GroboganSuasana mencekam terjadi di depan Kantor KPU Grobogan, Selasa (12/3/2019). Ratusan demonstran menggeruduk kantor penyelenggaran Pemilu tersebut dari berbagai arah.

Massa yang semula berunjuk rasa dengan tenang akhirnya berubah jadi beringas. Sejumlah kendaraan jadi sasaran kemarahan perusuh dan sebagian ada yang dibakar. Selain itu, ada pula perusuh yang menjarah barang di sekitar tempat unjuk rasa.

Ratusan polisi yang bersiaga di depan Kantor KPU Grobogan mencoba menenangkan massa. Meski demikian massa yang jumlahnya semakin banyak tidak mau diajak kompromi.

Akhirnya, petugas mulai bersikap lebih tegas. Tembakan peringatan dilepaskan aparat untuk menghalau perusuh agar tidak berbuat anarkis. Selain itu, mobil water cannon juga dikerahkan untuk meredam keberingasan para perusuh tersebut.

Karena tidak kunjung berhenti berbuat anarkis, petugas akhirnya terpaksa melakukan upaya lebih keras guna mencegah aksi yang lebih besar dari para pengunjuk rasa.

Salah seorang warga ambruk setelah terlibat dalam bentrokan antara polisi dan massa dalam simulasi pengamanan pemilu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Satu orang tewas akibat tembakan petugas. Beberapa pengunjuk rasa terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mendapat luka-luka. Setelah jatuh korban, para pengujuk rasa akhirnya ketakutan dan membubarkan diri.

Serangkaian peristiwa yang terjadi tadi bukan merupakan kenyataan. Tetapi merupakan bagian dari apel gelar pasukan dan simulasi pengamanan Pemilu 2019 yang dilangsungkan di jalan raya depan Kantor Badan Kepegawaian Daerah hingga Masjid Baitul Makmur Purwodadi. Sekitar 500 personil dari anggota personil Satpol PP, TNI dan Polres Grobogan serta Brimob Polda Jateng yang terlibat dalam simulasi ini.

“Hari ini kita memang menggelar simulasi penanggulangan unjuk rasa anarkis dalam rangka sispamkota pengamanan Pemilu 2019. Dalam pelaksanaan Pemilu nanti kita harapkan berlangsung aman dan lancar. Meski demikian, beragam langkah antisipasi mesti kita siapkan sejak awal,” ungkap Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq.

Sementara itu, Sekda Grobogan Moh Soemarsono mengapresiasi adanya simulasi tersebut. Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran dan masyarakat yang telah terlibat dalam kegiatan simulasi hari ini. Tentu saja, kami dari Pemerintah Kabupaten Grobogan tidak menginginkan terjadi aksi anarki seperti yang terjadi pada simulasi tadi. Kita semua berharap suasana di Kabupaten Grobogan selalu kondusif,” katanya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.