MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Pesepakbola Asal Iran Dideportasi dari Jateng

0 39

MuriaNewsCom, Semarang- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mendeportasi tiga pesepakbola asal Iran. Tiga pesepakbola itu dideportasi lantaran izin yang mereka gunakan tidak sesuai dengan prosedur.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah, Ramli HS, mengatakan, secara perizinan belum memenuhi semua prosedur. Terlebih tentang maksud kedatangan dan keberadaan WNA tersebut di Indonesia.

“Secara prosedural, perizinan mereka tidak sesuai. Jika mereka datang untuk bekerja sebagai pemain bola profesional, silakan tempuh perizinan yang prosedural, apa maksud keberadaan dan tujuan kedatangannya,” katanya kepada wartawan.

Ramli mengatakan, tindakan tegas ini merupakan bentuk konsistensi aparat keimigrasian dalam mengawasi keberadaan dan aktivitas para WNA. Khususnya di Provinsi Jawa Tengah.

Tiga WNA asal Iran itu menjadi yang terbanyak dideportasi mulai Januari sampai awal Maret 2019 ini. Ada pula WNAlain yang ideportasi. Namun, paling banyak berasal dari negara-negara di Asia.

“WNA asal Iran ada tiga orang. Kemudian dari  Belgia 2 orang, Italia 1 orang, Hongkong 1, Belanda 1 orang , Jordania 1 orang,  Malaysia 1 orang, India 1 orang, Jepang 1 orang, Tajikistan 1 orang, Korea Selatan 1 orang,” ujarnya.

Sementara pada 2018, Kemenkumham telah mendeportasi sebanyak 197 WNA.  Yang paling banyak berasal dari Tiongkok, yakni sebanyak 34 orang. Kemudian Malaysia 25 orang, Korea Selatan 18 orang, Timor Leste 15 orang, India 12 orang, dan negara lain mencapai 93 orang.

“Mereka dikembalikan ke negara asalnya karena menyalahi aturan visa dan masa izin tinggal. Hitungannya, 137 WNA dideportasi karena masa izin tinggalnya sudah habis. Sedangkan sisanya, menyalahgunakan visa dalam kunjunganya,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.