MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Atasi Masalah Sampah, DLH Grobogan Akan Dirikan Gedung Bank Sampah Induk

0 51

MuriaNewsCom, Grobogan – Upaya untuk mengatasi persoalan sampah terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan. Selain menata tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi ada upaya lainnya yang akan dilakukan pada tahun ini. Salah satunya adalah mendirikan gedung bank sampah induk di dekat kantor DLH.

“Tahun ini sudah dialokasikan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 200 juta. Dana ini untuk pendirian gedung serta pengadaan sarana dan prasarana pendukungnya,” kata KepalaDLH Grobogan Nugroho Agus Prastowo di lokasi Pasar Rakyat, Senin (11/3/2019).

Dengan pendirian gedung tersebut diharapkan mampu membina bank sampah yang sudah ada. Gedung induk itu akan dipakai untuk aktivitas pelelanganhasil sampah pilahan ke berbagai perusahaan dan pengepul sampah yang sudah mengadakan kerjasama. Pelelangan sampah pilahan akan dilakukan secara terjadwal.

”Selama ini pelelangan hasil pengumpulan sampah dilakukan di bank sampah masing-masing yang diambil oleh pengepul. Nantinya, proses pelelangan sudah bisa dilakukan di gedung induk sehingga catatan administrasinya bisa semakin terkoordinir dengan baik,” ungkapnya.

Kepala DLH Grobogan Nugroho Agus Prastowo saat melihat aneka produk kerajinan dari barang bekas di lokasi Pasar Rakyat, Senin (11/3/2019).  (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Ia menjelaskan, hingga saat ini, sudah ada 280 bank sampah yang ada di Kabupaten Grobogan. Namun, dari jumlah ini hanya sekitar 190 bank sampah yang aktif.

Keberadaan bank sampah selama ini dinilai positif karena mampu mengurangi volume sampah sekitar 100 ton per bulan. Selain itu, adanya bank sampah juga mendatangkan profit bagi masyarakat karena sampah yang masih bisa diolah bisa mendatangkan penghasilan.

”Kita rencanakan, gedung induk nanti tidak hanya untuk aktivitas jual beli sampah saja. Namun bisa juga dipakai untuk membantu memasarkan aneka produk dari sampah atau bahan bekas,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.