MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gambar Wajah Ratu Kalinyamat, Ternyata Hasil Rekaan Seniman Jepara

0 386

MuriaNewsCom, Jepara- Ratu Kalinyamat, bagi masyarakat Jepara adalah salah satu tokoh luar biasa. Kemasyurannya sebagai seorang prajurit bahkan dijadikan sebagai nama julukan bagi Tim Sepak Bola Persijap Jepara.

Dengan keyakinan bahwa Sang Ratu adalah seorang pejuang tulen, maka julukan ‘Laskar Kalinyamat’ diharapkan bisa menular pada para pemain Persijap.

Meski begitu, di balik kemasyuran Ratu Kalinyamat di kalangan masyarakat Jepara, sampai saat ini belum ada gambar wajah otentik dari Sang Ratu.

Sebuah lukisan besar mengenai gambar Sang Ratu ada di ruangan Loby Kantor Bupati Jepara. Gambar ini bahkan selalu menjadi rujukan bagi kostum Ratu Kalinyamat dalam beberapa festival rakyat di Jepara.

Namun ternyata, gambar tersebut bukanlah gambar asli dari Ratu Kalinyamat.

Adalah Jatmiko, salah seorang pelukis terkenal di Jepara yang membuat lukisan Ratu Kalinyamat tersebut. Meski lukisan wajah Ratu Kalinyamat tersebut rekaan, bukan berarti pembuatannya dilakukan secara asal-asalan.

Baca juga: 

Jatmiko, yang hadir dalam Forum Grup Discusion (FGD) mengenai sang Ratu Kalinyamat, di RM Maribu, Senin (11/03/2019), menyatakan lukisan tersebut dibuatnya dengan melalui berbagai riset. Ia harus membaca banyak literatur mengenai Sang Ratu, untuk bisa mendapatkan gambaran mengenai wajah sang Ratu.

Berbagai sumber informasi mengenai Sang Ratu dikumpulkannya, direnungkan dan akhirnya dituangkan dalam bentuk lukisan. Bagaimana karakter, asal-usul, sepak terjang dan sejarah kepemimpinannya, yang didapatkan dari berbagai sumber, kemudian dirangkum dalam sebuah lukisan besar.

“Beliau disebutkan merupakan puteri dari keturunan China. Maka dalam lukisan saya itu dominan warna merah dan emas. Lantas bagaimana wajahnya yang terlihat keras dan tegas. Itu adalah manifestasi dari sikap teguh dan keras beliau terhadap penjajah,” ujar Jatmiko, menjelaskan.

Kini lukisan Jatmiko menjadi salah satu gambar yang paling banyak muncul di mesin pencari Google, jika memasukan kata kunci ‘Ratu Kalinyamat’. Dalam beberapa even budaya yang digelar di Jepara, kostum pemeran Ratu Kalinyamat juga banyak merujuk pada lukisan karya Jatmiko ini.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.