MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengajuan Gelar Pahlawan Nasional untuk Kalinyamat, Begini Prosesnya

0 208

MuriaNewsCom, Jepara – Gelar Pahlawan Nasional, diinginkan oleh masyarakat Jepara agar bisa diterima oleh Ratu Kalinyamat. Tokoh wanita Jepara ini dianggap layak mendapatkan gelar tersebut.

Lalu bagaimana proses pengajuan gelar ini bergulir? Begini tahapan-tahapannya.

Hadi Priyanto, penulis buku ‘Ratu Kalinyamat’ menyebut, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses pengajuan gelar ini. Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang, Gelar, Tanda Jasa dan Kehormatan, pada pasal 1 ayat 3, Ratu Kalinyamat dinilai memenuhi unsur tersebut.

Di antaranya, pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, atau perjuangan politik melawan penjajah, melahirkan pemikiran besar yang berguna bagi pembangunan bangsa, serta menghasilkan karya besar untuk bangsa dan negerinya.

“Kita tentu ingin jadikan Ratu Kalinyamat bukan saja sebagai tokoh lokal Jepara yang secara kultural hanya mewarnai perkembangan Jepara, tapi secara de facto dan de jure ketokohannya layak menjadi milik bangsa Indonesia,” katanya, Senin (11/03/2019).

Baca juga : 

Usulan ini nantinya bisa disampaikan Pemkab Jepara ke gubernur Jawa Tengah, melalui Dinas Sosial Provinsi Jateng. Selanjutnya, usulan tersebut akan dikaji oleh tim provinsi untuk mengulas secara detail, apakah usulan tersebut layak disampaikan ke pemerintah pusat atau tidak.

Jika dari Provinsi Jawa Tengah menyatakan sudah siap, maka usulan tersebut akan dilanjutkan ke Presiden RI melalui Kementerian Sosial. Di tingkat nasional, ada tim pengkaji lagi yang akan melakukan kajian mengenai usulan ini.

“Saya berharap setelah dilakukan perbaikan naskah akademik yang sebelumnya sudah dibuat, ajuan gelar pahlawan nasional ini bisa segera diberikan untuk Ratu Kalinyamat. Karena memang beliau layak mendapatkannya,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.