Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

17 Ribuan Warga Pati Diklaim Sudah Lepas dari Kemiskinan

MuriaNewsCom, Pati – Angka kemiskinan di Kabupaten Pati tahun 2018 mengalami penuruan dratis. Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) Pati Pujo Winarno saat  memberikan sambutan pada forum perangkat daerah di Gedung DPRD Pati, Senin (11/3/2019).

“Angka kemiskinan di Kabupaten Pati pada tahun 2018 mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya, Senin (11/3/2019).

Ia mengatakan, jumlah penduduk miskin di Pati tahun 2018 mengalami penurunan 12.55 persen. Sebelumnya pada tahun 2017 penduduk miskin ada sebanyak 141,73 jiwa penduduk miskin. Kini, tahun 2018 turun menjadi 123,94 ribu jiwa penduduk miskin.

“Artinya ada penuruan 17,79 ribu jiwa penduduk miskin di Kabupaten Pati,” jelasnya.

Lanjutnya, jumlah penurunan angka kemiskinan juga dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi di Pati. Tercatat sejak tahun 2013 lalu tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 5,5 persen.

“Lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 5,28 persen dan Nasional 5,31 persen,” terangnya.

Ada tiga faktor yang memperngaruhi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pati. Di antaranya di sektor Industri pengelolaan, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. “Serta perdagangan besar dan eceran, reprarasi mobil dan sepeda motor,” paparnya.

Menanggapi penurunan angka kemiskinan, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah. Apalagi, pemerintah telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Pati dengan cukup drastis.

“Tentunya ini kami sambut dengan baik. Keberhasilan pemerintah telah mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Pati,” tambahnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...