Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

5 Parpol Tak Serahkan Data ke Bawaslu, PPP Kirim Ribuan Saksi Pemilu di Pati

0 175

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak lima partai politik (parpol) peserta pemilu di Kabupaten Pati tak menyerahkan data jumlah saksi kepada Badan Pengawas Pemilu. Padahal, Bawaslu akan memberikan bimbingan teknis kepada para saksi setiap parpol.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, lima parpol peserta Pemilu 2019 yang tidak menyerahkan data saksi parpol peserta pemilu yakni PDI Perjuangan, Golkar, PKS, Perindo, dan Hanura.

“Dari 16 parpol peserta Pemilu 2019, ada 5 yang tak menyerahkan data saksi kepada Bawaslu Pati,” jelasnya saat ditemui di Kantor Bawaslu Pati, Senin (11/3/2019).

Sementara parpol PPP tercatat paling banyak menyerahkan jumlah saksi. Yakni ada sebanyak 4.369 orang. Disusul dengan PKB dengan 414 saksi. Lalu Gerindra sebanyak 406 dan PBB sebanyak 406.

“Selanjutnya ada Nasdem menyerahkan data saksi sebanyak 396, Berkarya 364, PAN 210 saksi,” jelasnya.

Kemudian Partai Demokrat sebanyak 21 saksi, PKPI 20 saksi, PSI 16 saksi, dan Partai Garuda 3 saksi. Apabila ditotal keseluruhan ada sebanyak 6.625 saksi.

“Nantinya mereka akan mendapatkan bimbingan teknis dari Bawaslu Kabupaten Pati dalam waktu dekat,” ujarnya.

Lebih lanjut, pemberiaan pembekalan ini merupakan amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pada UU ini diatur bahwa pelaksanaan pemungutan suara disaksikan oleh para saksi peserta pemilu.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.