MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Siswa SMK Jurusan Tata Boga di Jepara Wajib Tahu Penanganan Kebakaran, Ini Penyebabnya

0 26

MuriaNewsCom, Jepara – Pemadam Kebakaran (Damkar) Jepara, Senin (11/03/2019) menggelar pelatihan penanganan bahaya kebakaran. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman parkir Kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Jepara. Sejumlah siswa SMK I Batealit terlibat dalam kegiatan ini.

Menurut Ahmad Mundofar, salah seorang guru SMK I Batealit, Jepara, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar di sekolahnya. Pelatihan menangani bahaya kebakaran merupakan salah satu yang diajarkan kepada siswa-siswi jurusan Tata Boga.

Penguasaan materi mengenai pemadaman bahaya kebakaran, dirasa perlu diberikan kepada para siswa jurusan tata boga.

Sebab dalam praktiknya, mereka yang bergelut dalam tata boga selalu berhubungan dengan api. Sewaktu-waktu mereka menghadapi masalah soal api, mereka sudah siap.

“Pelatihan pemadaman api sebelumnya hanya masuk dalam kegiatan ekstra kurikuler sejak setahun lalu. Tahun ini sudah masuk dalam mata pelajaran khusus. Jadi kami ajak siswa ke Damkar untuk menjalani pelajaran ini,” ujar Ahmad Mundofar, Senin (11/03/2019).

Di kantor Pemadam Kebakaran Jepara, siswa selain mendapatkan materi mengenai masalah bahaya kebakaran, juga berkesempatan melakukan praktik pemadaman api.

Mereka juga diajak untuk megetahui peralatan-peralatan pemadaman api, dengan menggunakan peralatan sederhana sampai yang menggunakan peralatan modern.

Sementara itu, Kabid Pemadam Kebakaran, Surana, menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti ini.  Bahkan pihaknya berharap, semua sekolah bisa melakukan kegiatan seperti ini. Pihaknya siap memberikan bantuan dalam pemberian materi pelatihannya.

Pengetahuan mengenai bencana kebakaran, menurutnya sudah saatnya diberikan kepada masyarakat luas. Saat ini di Jepara, peristiwa kebakaran sudah sering terjadi sepanjang tahun. Karena itu, pemahaman mengenai masalah ini diperlukan untuk bisa memberi kesiapan kepada masyarakat.

“Sejak dini masyarakat harus sudah diberi pemahaman mengenai masalah bahaya kebakaran. Mereka juga harus tahu bagaimana bertindak saat menghadapi peristiwa kebakaran. Sehingga nanti jika menghadapi kejadian kebakaran sudah mendapatkan kesiapan,” ujar Surana.

 

Editor: Ali Muntoha
Reporter: budi erje

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.