Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekarang, Pembuatan E-KTP di Kudus Sehari Jadi

MuriaNewsCom, Kudus – Pemohon E-KTP di Kudus saat ini bisa tersenyum lebar. Pasalnya, mereka tak perlu menunggu lama untuk membuat kartu tanda penduduk tersebut. Cukup meluangkan waktu kurang dari 60 menit mereka sudah bisa membawa pulang E-KTP.

”Blangko sudah ada. Setiap pemohon E-KTP sudah bisa memproses E-KTP dengan cepat. Sehari jadi,” kata Plt Kepala Disdukcapil Kudus Putut Winarno.

Ia menjelaskan saat ini pencetakan E-KTP yang sudah masuk daftar print ready record (PPR) juga sudah selesai dicetak. Jumlahnya ada 13.750 E-KTP. Jumlah itu sudah termasuk surat keterangan (suket) untuk pengganti E-KTP.

“Ribuan E-KTP tersebut sudah siap didistribusikan kepada warga yang saat ini masih memegang suket. Silahkan diambil ke kantor,” ujarnya.

Suasana mobil pelayanan jemput bola Disdukcapil di lapangan Honggosoco beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Saat ini, lanjutnya, pihak Disdukcapil juga telah mengirimkan edaran ke desa-desa agar segera menginformasikan hal ini ke warganya. Dengan begitu mereka (para perekam E-KTP) bisa mengambil dan menukarkan suket yang pihaknya bawa dengan E-KTP yang sudah jadi.

Dengan tuntasnya pencetakan ini, Disdukcapil Kudus diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal. Mengingat perhelatan pesta demokrasi lima tahunan semakin dekat.

“Kita akan memaksimalkan pelayanan,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, dijelaskan Putut, hingga saat ini setidaknya masih ada sekitar 1.937 warga yang belum melakukan perekaman. Jemput bola pun terus digalakkan. Mengingat target perekaman hanya kurang sekitar 0,3 persen dari jumlah kesulurah DPT.

“Jemput bola terus kami lakukan, sebelum pemilu kami optimis target perekaman bisa tercapai,” ujarnya.

Beberapa waktu yang lalu, upaya jemput bola perekaman E-KTP bagi penghuni rutan juga sudah selesai dilakukan. Sekarang yang masih berjalan yakni perekaman di sekolah-sekolah. Sementara itu, kemarin cukup banyak warga yang mengantre perekaman e-KTP di Disdukcapil.

“Kami gencarkan di desa-desa juga,” tandas Putut.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...