Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diduga Langgar Aturan, Bawaslu Bakal Panggil Panitia Deklarasi Aliansi Jokowi-Ma’ruf Pati

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati bakal memanggil ketua panitia penyelenggara deklarasi aliansi relawan Jokowi-Ma’ruf Kabupaten Pati, Minggu (10/3/2019). Pasalnya Bawaslu Pati menemukan beberapa hal yang diduga telah melanggar aturan pemilu.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan kegiatan deklarasi yang diselenggarakan Aliansi Jokowi-Ma’ruf di Gedung Haji Kabupaten Pati, pagi tadi memang berlangsung lancar. Namun ia mengaku menemukan beberapa hal yang diduga melanggar aturan pemilu 2019.

“Kami nanti akan melakukan pemanggilan kepada ketua panitia untuk dimintai klarifikasi,” jelasnya kepada awak media, Minggu (10/3/2019).

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian saat pelaksaan deklarasi tersebut. Yang paling mencolok adakah adanya anak-anak yang terlibat kampanye, bahkan mereka terlihat mengendarai kendaraan roda dua bersama rombongan.

“Tadi para relawan juga diduga melakukan konvoi di jalanan. Konvoi itu tidak boleh, karena belum saatnya kampanye terbuka,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan memanggil ketua pantia penyelenggara deklarasi tersebut. Bawaslu akan memintai klarifikasi-klarifikasi terkait dugaan pelanggaran itu.

“Nanti lebih jelasnya nunggu klarifikasi. Karena terkait dugaan pelanggaran ini sudah diatur dalam PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye,” tandasnya.

Sebelumnya  ratusan relawan yang tergabung dalam aliansi Jokowi-Ma’ruf Kabupaten Pati mengadakan deklrasi di Gedung Haji Desa Sukarjo Kecamatan Margorejo, Minggu (10/3/2019). Mereka mendeklarasikan untuk mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

Terlihat para relawan memadati gedung haji. Mereka nampak mengenakan kaos yang bertuliskan capres dan cawapres nomor 01 Jokowi-Ma’ruf.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...