Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Catatan Perjalanan

Beberapa Hal Ini Layak Dicoba Traveler jika Harus Transit 10 Jam di Dubai

0 264

MuriaNewsCom, Dubai – Para traveler yang bepergian ke luar negeri dan terpaksa harus transit selama beberapa jam di Dubai, ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Menunggu penerbangan selanjutnya. Atau melakukan city tour.

Jika traveler memiliki waktu transit kurang dari lima jam, sebaiknya traveler menunggu penerbangan selanjutnya sambil mengeksplorasi bandara internasional Dubai yang megah.

Tapi jika traveler memiliki waktu setidaknya 10 jam sebelum penerbangan selanjutnya, opsi city tour akan jadi pengalaman menarik.

Hal pertama yang harus traveler perhatikan jika memutuskan untuk killing time di luar bandara adalah visa. Yup, karena statusnya transit, traveler wajib mengurus visa jika ingin keluar bandara dan jalan-jalan di kota.

Visa on Arrival

Petugas di bandara Dubai menyediakan fasilitas paket hotel transit plus visa on arrival, persis sebelum pemeriksaan imigrasi. (MuriaNewsCom/Deka Hendratmanto)

Jangan kuatir soal visa. Bandara Dubai sudah menyiapkan paket menarik untuk para traveler. Mereka menyediakan paket transit hotel di luar bandara plus pengurusan visa on arrival.

Paket ini ditawarkan mulai USD 85 (Rp 1 jutaan). Semua tergantung hotel yang traveler pilih. Biaya itu sudah termasuk airport transport dari bandara ke hotel dan sebaliknya.

Untuk mendapatkan paket ini, traveler cukup mendatangi meja petugas pelayanan hotel dan visa, persis menjelang pemeriksaan imigrasi menuju pintu keluar bandara.

Petugas akan memberikan informasi yang traveler butuhkan terkait opsi harga paket. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit bagi traveler untuk menunggu petugas mengurus hotel dan visa on arrival ini.

Airport Hotel

Salah satu hotel Rp 1 jutaan (sudah termasuk biaya visa on arrival) yang direkomendasikan untuk traveler yang ingin istirahat di luar bandara. (MuriaNewsCom/Deka Hendratmanto)

Salah satu hotel yang layak traveler coba adalah Copthorne Airport Hotel. Hotel ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari bandara.

Kamar hotel ini cukup bersih dan nyaman. Kamarnya juga cukup representatif. Cukup lega untuk tipe standard room dengan 2 tempat tidur.

Kamar mandinya bersih. Sistem toilet flush-nya sama persis dengan toilet duduk di tanah air. Lengkap dengan mini shower-nya. Perlengkapan mandinya standar. Air hangatnya juga lancar. Tidak ada keluhan.

Jika traveler adalah tipe smoker, hotel ini akan jadi pilihan yang pas. Sebab di halaman belakang hotel, traveler bisa bebas merokok sambil menikmati landscape taman yang oke. Lengkap dengan kolam renangnya.

City Tour

Salah satu sudut beach walk di kawasan pulau buatan Palm Jumeirah dengan latar belakang Burj Al Arab yang juga berdiri di atas pulau buatan. (MuriaNewsCom/Deka Hendratmanto)

Ada beberapa tempat yang bisa traveler pilih jika melakukan city tour. Atau sekadar mencari spot foto dengan latar belakang landmark fenomenal di Dubai. Traveler bisa pergi sendiri dengan transportasi publik atau mencari teman untuk sewa kendaraan.

Pertama, Masjid Jumeirah. Inilah masjid kebanggaan warga Dubai karena statusnya sebagai masjid nasional. Masjid dengan kapasitas 1.200 jamaah ini adalah satu-satunya masjid, bukan saja di Dubai, tapi juga di Uni Emirat Arab, yang boleh dimasuki kalangan nonmuslim.

Kedua, Palm Jumeirah. Pulau buatan hasil reklamasi ini bentuknya seperti pohon kurma atau palem jika dilihat dari atas. Ini adalah destinasi wajib yang harus traveler kunjungi ketika di Dubai.

Ketiga, Burj Al Arab. Hotel tertinggi keempat di dunia ini berdiri di atas pulau buatan dan menjadi salah satu landmark Dubai. Bagi traveler yang ingin mendapat foto dengan latar belakang gedung ini, kawasan beach walk Palm Jumeirah bisa jadi salah satu alternatif.

Keempat, Burj Khalifa. Inilah menara tertinggi di dunia saat ini. Produser film Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011) pun merasa perlu mengambil adegan syuting di sini di mana Tom Cruise bergelantungan di salah satu sisi luar gedung.

Kelima, Dubai Mall. Malas jalan-jalan dan hanya ingin berbelanja jika ada yang cocok di mata? Traveler harus ke sini. Dubai Mall ini diklaim sebagai pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Saking besarnya mall ini, traveler tidak akan bisa “menjamah” seluruh tenant di dalamnya, bahkan jika traveler ingin menghabiskan seluruh waktu transit 10 jam.

 

Reporter: Deka Hendratmanto
Editor: Deka Hendratmanto

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.