Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lansia di Pati Sering Bingung Saat Nyoblos, Begini yang Bakal Dilakuin KPU

MuriaNewsCom, Pati- Masih banyaknya masyarakat, terutama para orang tua atau lansia yang masih awam dalam menggunakan hak pilih, menjadi perhatian serius bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi II DPR RI. Terlebih, pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang terdapat lima surat suara dengan ukuran yang berbeda.

Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono mengatakan, permasalahan yang paling krusial menjelang pemilu adalah sudah siapkah para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Sebab, banyak para orang tua yang justru grogi ketika hendak masuk ke bilik suara.

“Itu yang saat ini menjadi perhatian kami. Apalagi waktu pelaksanaan semakin dekat, sehingga harus ada pendidikan pemilih agar mereka siap menggunakan hak pilihnya,” ungkap Sutriyono usai memberikan pengarahan dalam sosialisasi pendidikan pemilih di salah satu hotel di Pati, Sabtu (9/3/2019).

Ditambah lagi, lanjut Sutriyono, jumlah surat suara dalam pemilu kali ini tergolong banyak. Selain itu ukurannya juga berbeda-beda. Tentunya, hal ini akan menyuliskan para pemilih pada saat berada di bilik suara.

“Kami yakin dari pihak KPU juga sudah memberikan sosialisasi terkait jenis masing-masing surat suara, warnanya, ukurannya dan cara pencoblosannya,” imbuh Sutriyono.

Sementara itu, Ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, apabila ada pemilih lanjut usia (lansia) maka akan dibantu oleh pihak panitia yang berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bahkan apabila diperlukan, semua prosesnya juga akan dituntun.

“Kecuali ketika pemilih berada di bilik suara. Itu tidak boleh ditemani atau ditunjukkan bagaimana cara memilih. Ketika pemilih sudah berada di bilik suara, secara individu dia harus menggunakan hak pilihnya,” ungkap Imbang.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...