Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kontraktor Siap Tanggung Jawab Kerusakan Akibat Pembangunan Jembatan Tanggulangin

MuriaNewsCom, Kudus – Kontraktor atau pelaksana pembangunan Jembatan Tanggulangin Tiga (Demak-Kudus) berjanji akan bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan saat pembangunan jembatan Tanggulangin. Apalagi pihak kontraktor sebelumnya telah mendokumentasikan kondisi sekitar lokasi, baik Taman Tanggulangin maupun bangunan di sekitarnya sebelum akses penghubung di atas Sungai Wulan dimulai.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar C, Alik Mustaqim menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Kudus terkait hal tersebut. Selain menjanjikan perbaikan bila terjadi kerusakan, akses penghubung pun akan disiapkan.

“Kami sudah berkoordinasi terkait hal tersebut,” terangnya.

Hasil dari koordinasi tersebut, lanjutnya, Pemkab Kudus memutuskan mempertahankan keberadaan Taman Tanggulangin dengan membuat akses masuk.Rencana awal, warga dari arah Demak setelah melewati Jembatan Sunandar Tiga langsung mengarah ke Jalan Lingkar Tenggara. Di tempat tersebut tersedia putaran mengarah ke Gerbang Kudus Kota Keretek (GKKK).

“Diperkirakan, jalan pendekat menuju GKK sejauh 210 meter. Bila masih tersedia lahan, jalan pendekat diteruskan hingga Jalan R Agil Kusumadya,” rinci Alik.

Pengunjung yang akan keluar dari Hutan Kota Tanggulangin ke arah Kudus dapat langsung ke kiri mengarah Jalan R Agil Kusumadya. Adapun yang akan ke Demak, melewati jalan pendekat ke kanan menuju Jalan Kudus-Demak.

“Rencananya akan seperti itu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala  Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH), Agung Karyanto, sebelumnya menyampaikan keinginan Pemkab Kudus untuk mempertahankan Taman Tanggulangin. Seiring penyelesaian Jembatan Tanggulangin, akses masuk ke taman diharapkan direalisasikan. Taman Tanggulangin sendiri dibangun tahun 2016 dengan alokasi dana sebesar Rp 7,4 miliar.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...