Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bertandang ke Pati, Taj Yasin: Santri Harus Melek Industri

0 189

MuriaNewsCom, Pati- Persaingan ekonomi global saat ini, membuat generasi muda, terutama para santri harus berpikir aktif dan kreatif. Bahwa santri selain berkualitas dalam syariat, juga harus mampu menjawab tantangan wkonomi global.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin saat menghadiri seminar pendidikan di Yayasan Tirta Buwana Desa Tlutup, Kecamatan Trangkil, Pati, Jumat (8/3/2019).

Gus Yasin menambahkan, di Jateng sendiri ada 4.759 pesantren. Hanya, tidak semua pesantren itu sudah menerapkan pola perekonomian yang mandiri. Sehingga, membekali santri dengan wirausaha juga harus dilakukan.

“Kami dari pemerintah provinsi juga mendukung hal itu. Bahkan, kami sudah berkeliling ke pesantren-pesantren se-Jateng untuk melihat perkembangan pesantren ini,” ungkapnya.

Beliau juga menyoroti ikhwal peranan pondok pesantren yang dulunya dipinggirkan, saat ini sudah mulai diketengahkan. Bahkan dari pesantren pula muncul individu-individu yang berani bersaing di pasar global.

“Target kami Ponpes bisa ikut andil 50 persen dalam mengentaskan kemiskinan. Kami siap mendorong dan kami juga siap memfasilitasi itu,” tegasnya.

Dirinya juga mengaku siap untuk memasarkan produk ekonomi yang murni dari pondok pesantren. Bahkan, apabila produknya belum terdaftar dalam PIRT maupun izin yang lainnya, Gus Yasin juga siap membantu menyelesaikan itu.

“Jadi, ini sesuai dengan visi dan misi kami. Untuk perkembangan pesantren, kami siap membantu,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.