MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Internet Lemot, 5 Daerah di Jateng Gagal Penuhi Target Rekam E-KTP

0 41

MuriaNewsCom, Semarang  Sebanyak lima daerah di Jawa Tengah gagal menuntaskan target penyelesaian perekaman data E-KTP pada Februari 2019. Alasannya, jaringan internet di lima derah itu jelek.

Lima daerah itu yakni Kabupaten Cilacap, Kabupaten Semarang, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Tegal dan Klaten.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadescapil) Jateng, Sugeng Riyanto kepada wartawan mengatakan, jika perekaman E-KTP di lima daerah itu terus digenjot.

”Masalah yang timbul di sana karena jaringan internetnya rata-rata pada lemot,” katanya dikutip dari MetroJateng, Jumat (8/3/2019).

Selain itu, masalah lain yang dihadapi yakni jumlah peralatan yang masih minim. Ditambah lagi kualitas biometrik dan reborn pada mesin printernya juga di bawah standar.

Sugeng mengaku sempat menemukan ada mesin printer hanya bisa merekam 100 data E-KTP saja setiap hari. “Kalau mau rekam data sampai 400 kali itu kebanyakan pada lemot. Kualitas printernya sangat jelek,” bebernya.

Oleh karena itulah, ia menginstruksikan kepada para petugas Disdukcapil setempat untuk memaksimalkan penggunaan printer di masing-masing kantor. “Kalau ada printer nganggur mendingan digandeng-celeng sekalian, kalau ada kekurangan ya disunggi bareng-bareng,” ujarnya.

Baca: Ada 12 Warga Asing Masuk DPT di Jateng, Langsung Dicoret KPU

Sementara mengenai blanko E-KTP yang sebelumnya sering menjadi masalah, ia menyebut Kemendagri sudah menyiapkan stok yang cukup.

Pihaknya juga memerintahkan petugas di daerah untuk langsung mencetak E-KTP begitu proses perekaman rampung.

Ia menyebut, dari total warga Jateng yang wajib mengantongi e-KTP sebanyak 27,2 juta, yang belum melakukan perekaman sekitar 201 ribu jiwa atau 0,5 persen.

“Mestinya selesai semua per 28 Februari. Tapi masih ada Brebes, Banyumas dan Pemalang yang masih mengerjakan pencetakan E-KTP di kantor Kemendagri,” tandasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.