Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Miskin di Kudus Bisa Daftar PKH Secara Mandiri, Begini Caranya

0 786

MuriaNewsCom, Kudus – Warga kurang mampu di Kabupaten Kudus bisa daftar langsung secara mandiri untuk mendapatkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus, Ludful Hakim, Jumat (8/3/2019).

“Jadi orang kurang mampu di Kabupaten Kudus ini bisa daftar PKH secara mandiri,” ujarnya kepada awak media.

Ia mengatakan, untuk melakukan pendaftaran harus melalui beberapa tahapan. Di antaranya warga kurang mampu bisa datang langsung ke kantor desa. Setelah terdaftar namamnya, akan masuk dalam basis terpadu (DBT).

“Biar nanti diverifikasi oleh pemerintah desa. Apakah sesuai dengan kriteria warga kurang mampu atau dirasa merupakan warga yang mampu,” lanjutnya.

Ada beberapa kriteria warga dikategorikan menjadi warga kurang mampu. Di antaranya frekuensi makan sekali atau dua kali dalam sehari, kemampuan membeli daging satu kali dalam sepekan.

Baca juga : Daftar Penerima PKH di Kudus Ditempel di Kantor Desa

Selain itu, lantai rumah masih tanah, atap atau dinding dari bambu, kayu tembok masih plester, luas lantai kurang dari 8 meter persegi, dan tidak mampu membayar pengobatan di Puskesmas/poliklinik.

“Berikutnya, bahan bakar memasak masih menggunakan kayu, pekerjaan utama sebagai petani dengan luas tanah 0,5 hektare. Kriteria lain, tidak punya fasilitas buang air besar, membeli pakaikan setahun sekali, sumber air dari sumur, pendapatan perbulan kurang dari UMK, jumlah tanggungan di luar KK lebih dari 3 orang, dan tidak memiliki kemampuan menyekolahkan anak,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini untuk jumlah penerima bantu sosial di Kabupaten Kudus ada sebanyak 40.824 penerima. Terdiri dari BNPT sebanyak 18.705 dan PKH sebanyak 22.119 keluarga.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.