Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawaslu Pati Pastikan Tak Ada Anggaran Transport Saksi dari Parpol

MuriaNewsCom, Pati- Dari 16 partai politik (parpol) peserta pemilu pada 17 April 2019 mendatang, saat ini baru ada delapan parpol yang mengajukan saksi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati.

Saksi dari parpol tersebut, nantinya akan diberikan bimbingan atau pelatihan oleh Bawaslu. Hanya saja, masalah uang transport bagi mereka pada saat melakukan pengawasan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai saat ini masih menjadi polemik.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, selama ini yang ditanggung oleh Bawaslu untuk saksi dari parpol adalah sebatas konsumsi saat pelatihan. Sementara untuk uang transport saat melakukan pengawasan di TPS, tidak ada anggarannya.

Hal itu karena regulasi yang ada, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, alokasi anggaran hanyalah untuk pelatihan saksi.

“Ada juga dari pihak parpol yang meminta agar anggaran konsumsi saat pelatihan itu dialihkan ke uang transport. Namun, kami tidak bisa melakukan itu. Karena nanti ada surat pertanggung jawabannya,” terang Ahmadi.

Dia juga menambahkan, selama ini memang banyak terjadi permasalahan terkait anggaran saksi parpol. Namun, regulasinya memang hanya sebatas konsumsi pelatihan. Jadi, bawaslu tidak menanggung uang transport untuk saksi parpol.

“Tapi keberadaan saksi parpol di TPS ini juga penting. Sebab, apabila nantinya ada kecurangan atau pelanggaran pada saat pemungutan suara, saksi akan lebih banyak,” katanya.

 

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...