Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Alasan Mengapa Jembatan Tanggulangin Lama Harus Dibongkar

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah pengkaji wacana untuk membongkar jembatan tanggulangin Dua (jembatan lama) setelah jembatan baru jadi. Ada beberapa alasan yang menguatkan rencana pembongkaran itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar C, Alik Mustaqim menyebutm jika Jembatan Tanggulangin lama itu memang sebaiknya dibongkar.

Alik menjelaskan ada bebera perhitungan. Di antaranya adalah usia jembatan yang sudah cukup tua untuk menanggung beban kendaraan yang lalu lalang.

Desain yang kuno juga jadi pertimbangannya. “Jembatan tersebut dibangun tahun 1968 dan desainnya sudah ketinggalan,” katanya.

Desain Jembatan Tanggulangin Dua juga dianggap akan menghambat proses normalisasi Sungai Wulan yang akan dicanangkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Rangka tengah yang memiliki ketinggian 45 meter, berada di daerah penampang basah sungai.

“Jadi akan sedikit menyulitkan, sedangkan jembatan baru (Tanggulangin Tiga) berada di ketinggian 80 meter ” ujarnya.

Hal yang jadi pertimbangan lainnya adalah terkait efektivitas Jembatan Tanggulangin Dua jika masih dipertahankan.

Baca : Pemkab Kudus Kaji Pembongkaran Jembatan Tanggulangin Dua

Dijelaskan Alik, jalan pendekat atau orpit pada Tanggulangin Tiga akan memakan jalan lama, yakni jalan yang selama ini digunakan dari arah Demak-Kudus via Tanggulangin Dua.

“Secara efektivitas sia-sia  karena kendaraan akan mengarah ke Tanggulangin Tiga, serta median jalan akan dibangun di sana,” terangnya.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika jembatan masih bisa difungsikan. Hanya saja, akses akan bersifat lokal saja.

Dalam artian, jembatan hanya bisa diakses melalui arah Kudus. Mengingat bawah Jembatan Tanggulangin Tiga masih ada Taman Tanggulangin, pabrik, serta pondok pesantren. “Nanti juga akan kita buatkan jalan lokal di bawah jembatan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kudus akan mengkaji pembongkaran Jembatan Tanggulangin Dua yang selama ini digunakan untuk jalur Demak menuju Kudus. Beberapa pertimbangan akan terus dikaji.

Di antaranya jika masih bermanfaat maka akan coba dipertahankan. Terkait hal itu, pihaknya sangat membuka masukan jika Pemkab punya rencana sendiri soal ini. “Silahkan bersurat ke kami, semua usulan tentu kami tampung,” tandas Alik.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...