Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Besok Ada Simulasi Penanganan Kericuhan Pemilu di Alun-alun Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Polres Kudus bakal menggelar simulasi pengamanan pemilu, Sabtu (9/3/2019) besok. Dalam simulasi ini nanti akan ditunjukkan beberapa adegan tentang bagaimana aparat kepolisian menangani kericuhan.

Jumat (8/3/2019) pagi tadi, proses gladi bersih mulai dilakukan. Tampak sejumlah pasukan inti, seperti K9 (tim anjing pembubar masa), truk penyemprot air, hingga tembakan gas air mata sudah mulai disiagakan.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono sebelumnya menjelaskan jika sebelumnya, latihan awal telah diselenggarakan di Lapangan Loram wetan, Kamis (7/3/2019) kemarin. “Sementara aksinya besok,” jelasnya pada MuriaNewsCom.

Terkait skenario simulasi, Saptono menjelaskan jika simulasi difokuskan pada pengamanan pra, saat, maupun pascacoblosan. Proses pengamanan masa kampanye, hingga perhitungan suara tak luput dari simulasi.

Hal tersebut dilakukan untuk menggali potensi-potensi kerawanan yang ada saat proses tersebut. “Kita detailkan lagi untuk mencegah masalah-masalah kecil yang bisa saja menjadi besar,” ujarnya.

Saptono menegaskan, kegiatan ini merupakan satu bentuk kesiapan dalam mengamankan Pemilu April mendatang. Pihak-pihak terkait juga akan digandeng demi memperkuat kekuatan penjagaan dan mencegah masalah timbul saat berlangsungnya Pemilu tersebut. “TNI, Satpol PP, dan petugas TPS juga akan kami libatkan,” jelasnya.

Dengan adanya latihan maupun simulasi yang nantinya akan diadakan di Alun-alun Kudus, pihaknya berharap, masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat berproses pada Pemilu. “Kami siap mengamankan jalannya pemilu,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...