Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Komisi II DPR RI Pantau Tahapan Pemilu di Pati, Dana Saksi Jadi Sorotan 

0 103

MuriaNewsCom, Pati- Komisi II DPR RI mengirim seluruh anggotanya untuk kembali ke daerah pemilihan (dapil) guna memantau pelaksanaan tahapan pemilu di setiap daerah. Salah satunya Anggota Komisi II DPR RI, Firman Subagyo.

Ia melakukan monitoring di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati, Jumat (8/3/2019). Menurutnya, ada banyak hal yang perlu disiapkan dan dilakukan pemantauan, terutama terkait saksi dari masing-masing partai politik (parpol) saat pemungutan suara.

“Terkait saksi dari masing-masing parpol ini memang masih menjadi polemik. Karena itulah, kami turun ke daerah untuk menyerap masukan dari Bawaslu maupun KPU,” ungkap Firman.

Menurutnya, sampai saat ini regulasi yang mengatur terkait dana bagi saksi dari parpol juga belum ada. Sehingga, pihaknya berargumen harus ada undang-undang turunan untuk mengatur hal tersebut.

Dikatakan pula bahwa selama ini proses pencairan anggaran juga lambat. Padahal, rentan waktu pelaksanaan pemilu sudah semakin dekat.

“Ini kan jadi masalah. Belum lagi dari pihak parpol juga meminta anggaran agar ada biaya transportasi untuk masing-masing saksi dari parpol. Ini kan masalah tersendiri,” tegas Firman.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, alokasi anggaran pelatihan saksi dimasukkan dalam anggaran Bawaslu.

“Dalam UU Pemilu, dana saksi itu tidak dimasukkan. Jadi sesuai ketentuan UU Pemilu itu dana saksi hanya untuk pelatihan,” ungkapnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.