Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Daftar Penerima PKH di Kudus Ditempel di Kantor Desa

0 266

MuriaNewsCom, Kudus – Daftar penerima bantuan pemerintah non tunai (BPNT) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kudus mulai ditempel di desa-desa, Jumat (8/3/2019). Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat agr bisa mengoreksi daftar penerima bantuan sosial tersebut.

Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin Arini Budi Utami mengatakan, penyerahan daftar sudah dimulai sejak buan Februari 2019 lalu. Masing-masing desa sudah menerima daftar warga penerima bantuan sosial tersebut.

“Harapannya agar itu ditempel di papan pengumuman yang ada di kantor-kantor desa. Sehingga masyarakat ini bisa mengoreksi. Apakah masyarakat penerima bantuan itu layak atau tidak,” jelasnya.

Ia mengatakan, daftar bantuan sosial tersebut bersifat dinamis. Terutama PKH. Karena misalnya ada keluarga yang meninggal dunia, atau anakanya yang sudah lulus sekolah, maka otomatis bantuan tersebut akan dialihkan kepada masyarakat lain yang membutuhkan.

“Misalnya ada masyarakat yang mengetahui ada penerima bantuan sosial ternyata mampu. Silahkan untuk langsung melaporkan ke pemerintah desa atau langsung ke Dinas Sosial,” ujarnya.

Lebih lanjutnya, beberapa kali ada temuan data penerima bantuan sosial. Namun ternyata tergolong orang mampu. Ketika diminta keterangan hingga sekarang belum ada yang lapor.

“Dengan adanya pemasangan itu masyarakat dapat mengkoreks bagi penerima bantuan sosial. Layak atau tidaknya,” ungkapnya.

Untuk saat ini, ia mengatakan ada sabanyak 40.824 penerima. Terdiri dari BNPT sebanyak 18.705 dan PKH sebanyak 22.119 keluarga.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.