MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pelaku UKM Gratis Jualan di Galeri Bandara A Yani Semarang

0 76

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) di provinsi ini untuk memanfaatkan Galeri UKM yang ada di Bandara A Yani Semarang. Bahkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memastikan pelaku UKM gratis berjualan di tempat itu.

Galeri UKM di Bandara A Yani Semarang telah dilaunching pada Selasa (5/3/2019) lalu. Saat ini ada 72 UKM, dengan 768 produk dan 8.000 buah barang yang dijajakan. Meliputi produk fashion ready to wear, kain, kerajinan tangan, aksesoris sampai dengan dolanan anak tradisional.

“Ini (Galeri UKM Jateng, red) bagian dari kontribusi pemprov kepada para pedagang kecil mikro agar bisa berjualan produknya dan ‘free’ sehingga fasilitas ini diharapkan bisa menjadi ajang promo, kemudian laku terjual,” kata Ganjar.

Ia pun meminta agar harga produk yang dipasarkan di galeri itu tidak terlalu mahal. Pihaknya akan membuat struktur harga. Pihaknya juga meminta bantuan PT Angkasa Pura, bantuan dari pola perpajakan agar mereka bisa menjual dengan harga murah dan perputaran barang bisa cepat dan konsumen senang.

“Setiap bertemu teman apalagi yang lama tidak berkunjung ke Semarang, langsung bilang edan, bandarane apik tenan. Ini tentu memacu kita untuk makin maju. Semarang maju, Jateng harus lebih maju,” ujarnya.

Dia mengatakan, cara membuat bahagia pengunjung Bandara selain spot selfie Presiden Joko Widodo naik sepeda, galeri UKM, juga dibuat spot swafoto dengan gambar Ganjar Pranowo menuangkan kopi ke cangkir blirik yang bisa dipegang pengunjung. Di sisi kiri, ada gambar Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen tengah memegang cangkir blirik sambil tersenyum.

Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono menjelaskan, pembangunan galeri UKM tersebut didukung penuh oleh APBD Provinsi Jateng. Pihaknya juga memastikan jika produk yang dijual di galeri itu adalah produk unggulan dari Jateng.

“Saya sudah mewanti-wanti kepada Bu Ema (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah) bahwa arahan Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur ini bukan mindah gudang. Tapi yang ditampilkan di sini betul-betul qualified. Kecil tapi mendunia, sehingga nilainya sangat tinggi,” jelasnya.

Sri Puryono membeberkan, Gallery UKM Jateng dibagi menjadi lima zona. Yaitu zona fashion, zona accesories/handycraft, zona packaging food, zona food and beverage, dan zona activity.

“Di depan area galeri dilengkapi photobooth mock up Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang secara periodik akan berganti tema, antara lain barista, sate Blora, vlogger dan sugeng rawuh,” pungkasnya.(lhr)

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.