Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mapolres Jepara Tak Lagi Gunakan Bangunan Kuno Tinggalan Belanda

MuriaNewsCom, Jepara – Bagunan baru yang lebih megah mulai digunakan sebagai Mapolres Jepara, dalam beberapa pekan terakhir. Setelah dibangun dalam beberapa kali kepemimpinan di Polres Jepara, tahun ini gedung tersebut akhirnya bisa digunakan.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman menyatakan, peresmian gedung baru rencananya akan dilakukan pada 28 Maret 2019 mendatang oleh Kapolda Jawa Tengah. Meskipun sudah mulai digunakan, namun masih ada beberapa penyempurnaan yang hingga saat ini dilakukan. Terutama terkait dengan penyempurnaan untuk halaman Mapolres Jepara.

Gedung baru yang akan menjadi bangunan utama Mapolres Jepara memiliki panjang 55 meter dan lebar 28 meter, dengan tinggi tiga lantai.

Semua unit kerja di Mapolres Jepara yang sebelumnya menggunakan gedung lama, sudah pindah dalam beberapa pekan terakhir di gedung baru ini.

“Hanya beberapa unit kerja yang tetap menempati kantor lama. Di antaranya Satreskrim dan pelayanan SIM masih menggunakan gedung sebelumnya. Sedangkan yang lain masuk ke gedung baru semuanya,” ujar AKBP Arif Budiman, Kamis (07/03/2019).

Mapolres Jepara sendiri sebelumnya memanfaatkan bangunan kuno peninggalan zaman Belanda. Kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dipertahankan, karena tuntutan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat.

Karena itu secara bertahap, usaha untuk membangun gedung baru dilakukan oleh Polres Jepara.

Rintisan pembangunan Gedung Mapolres Jepara yang baru dimulai sejak era kepemimpinan Kapolres AKBP Fajar Budianto. Kemudian dilanjutkan kembali di era Kapolres AKBP Samsu Arifin.

Di era Kapolres AKBP Yudianto Adi Nugroho, gedung sudah berdiri namun belum ada kelengkapan mebeler dan fasilitas lainnya.

“Setelah era kepemimpinan yang lalu, akhirnya saya yang beruntung bisa menggunakan fasilitas baru ini. Kami siapkan semua keperluan untuk kelengkapan fasilitas gedungnya,” tambah AKBP Arif Budiman.

Pembiayaan pembangunan gedung baru ini menurut AKBP Arif Budiman, dibantu sepenuhnya oleh APBD Jepara. Nilai anggarannya mencapai kurang lebih Rp 9 miliar.

Karena itu pihaknya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat Jepara dan Pemkab Jepara atas bantuan yang diberikan. Selanjutnya pihaknya tinggal melengkapi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan saja.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...