Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polres Kudus Simulasikan Pengamanan Pemilu

MuriaNewsCom, Kudus – Kepolisian Resort Kudus mulai mempersiapkan pasukannya dalam mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) bulan April mendatang. Terbukti, hari ini, (7/3/2019) seluruh jajaran Polres adakan latihan simulailsi pengendalian masyarakat. Pelatihan dilaksanakan guna mengantisipasi  adanya gesekan saat pesta demokrasi lima tahun sekali digelar.

Bertempat di Lapangan Loram Wetan, latihan simulasi diikuti oleh 500 lebih personel Polres Kudus. Kegiatan inti, yakni Simulasi pengamanan Pemilu akan digelar Sabtu,(9/3/2019) mendatang, yang bertempat di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono menjelaskan kegiatan hari ini masih dalam tahap pelatihan awal saja. Besok, (8/3/2019) akan diadakan gladi bersih di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus dengan format yang sama.

“Kita sedang latihan, belum aksinya,” jelasnya pada MuriaNewsCom.

Terkait spesifikasi simulasi, Saptono menjelaskan jika simulasi difokuskan pada pengamanan pra, saat, maupun pasca coblosan. Proses pengamanan masa kampanye, hingga perhitungan suara tak luput dari simulasi. Hal tersebut dilakukan untuk menggali potensi-potensi kerawanan yang ada saat proses tersebut.

“Kita detailkan lagi untuk mencegah masalah-masalah kecil yang bisa saja menjadi besar,”

Saptono menegaskan, kegiatan ini merupakan satu bentuk kesiapan pihaknya dalam mengamankan Pemilu di April mendatang. Pihak-pihak terkait juga akan digandeng demi memperkuat kekuatan penjagaan dan mencegah masalah timbul saat berlangsungnya Pemilu tersebut.

“TNI, Satpol PP, dan Petugas TPS juga akan kami libatkan,” jelasnya.

Dengan adanya latihan maupun simulasi yang nantinya akan diadakan di Alun-alun Kudus, pihaknya berharap, masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat berproses pada Pemilu bulan April mendatang.

“Kami siap mengamankan jalannya pemilu,” tandasnya.

Selain pars personel, latihan simulasi pada pagi hingga siang hari ini juga diikuti oleh puluhan masyarakat di Kabupaten Kudus. Mereka berpura-pura menjadi masa yang ricuh saat proses pemilu berlangsung.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...