MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

20 Desa di Cawas Klaten Tergenang Banjir, Warga Emoh Mengungsi

0 291

MuriaNewsCom, Klaten – Banjir melanda wilayah Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, sejak malam tadi. Bahkan hingga Kamis (7/3/2019) pagi tadi, ketinggian banjir masih mencapai setengah meter.

Banjir terjadi akibat luapan dari beberapa sungai di sekitar Cawas. Banjir menggenangi rumah warga, area persawahan, dan jalanan di Kecamatan Cawas akibat hujan yang terjadi sejak Rabu (6/3/2019) siang.

“Di antaranya dari Tanggul Kali Dengkeng di Desa Japanan yang jebol dan Sungai Gamping Desa Karangasem yang jebol berdampak pada tergenangnya rumah penduduk dan sawah,” kata Camat Cawas, Sofyan seperti dilansir AntaraJateng.

Ia mengatakan tergenangnya sawah yang hampir memasuki masa panen ini terjadi di hampir 20 desa di Kecamatan Cawas.

Meski banjir menggenangi di puluhan desa, warga masih enggan untuk mengungsi, meskipun ketinggian air terus bertambah. Padahal pemerintah setempat sudah meminta mereka untuk meninggalkan rumah dan mengungsi di tempat yang lebih aman.

Ia mengatakan hingga pagi ini air yang masuk ke rumah warga ketinggiannya mencapai sekitar 40 sentimeter.

“Sebetulnya kami sudah mengarahkan mereka untuk segera mengungsi, khususnya yang ada di Desa Bawak namun mereka belum mau. Mereka masih menganggap ini hal biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten Dodhy Hermanu mengatakan luapan sungai terjadi di empat kecamatan, yaitu Bayat, Trucuk, Wedi, dan Cawas.

“Sejauh ini untuk pengungsi ada dua balita, 4 lansia, dan 1 warga yang tengah sakit,” terangnya.

Terkait hal itu, hingga saat ini upaya yang dilakukan oleh BPBD yaitu melakukan evakuasi, mengirimkan logistik, dan perahu karet.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.