Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tumpukan Sampah dan Drainase Pasar Kalirejo Undaan Sita Perhatian Bupati Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Berserakannya sampah  di Pasar Kalirejo menjadi perhatian khusus Bupati Kudus HM Tamzil dan Wakilnya HM Hartopo saat berkunjung ke sana, Rabu (6/3/2019) pagi. Sampah yang menumpuk di salah satu sisi pasar dan pengelolaannya bisa dikatakan kurang maksimal. Jarak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dirasa jauh dari pasar dianggap jadi penyebab utama sampah menggunung di pojok pasar.

Terkait itu, Tamzil mengharapkan pengelolaan sampah Pasar Kalirejo segera dibenahi.  Kongkritnya, ia meminta sesegera mungkin menghadirkan eskavator untuk membersihkan sampah di area pasar. Hal itu berkaitan dengan pemandangan pasar yang sedikit terganggu dengan adanya tumpukan sampah tersebut.

“Sore ini, Kalau tidak segera diangkuti, jadi tidak enak kalau memandangnya,” ujarnya.

Penanganan sampah yang menumpuk di belakang area pasar juga diprioritaskan. Tamzil menginstruksikan pengelolaan khusus dengan membuat lubang sampah. Lubang akan berukuran 15 x 5 meter dengan kedalaman tiga meter untuk pembuangan sampah di area luar pasar.

Sampah di Pasar Kalirejo menumpuk hingga membuat pemandangan kurang sedap bagi para pengunjung. (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

“Nanti  sampah diurug seperti model lama,” rincinya.

Tamzil juga menyoroti drainase pasar yang tidak berfungsi secara maksimal yang mengakibatkan Pasar Kalirejo tergenang air beberapa waktu lalu. Pembangunan Drainase pun dicanangkan guna mengatasi hal tersebut.

“Ini juga jadi masalah Pasar Kalirejo, secepatnya akan coba kita perbaiki satu persatu,” jelasnya.

Selain menyoroti sampah dan drainase, Tamzil juga mengupayakan agar pasar tersebut bisa buka setiap hari. Pasar Kalirejo yang hanya  buka pada hari pahing dan wage ini dirasa Tamzil kurang maksimal. Pihaknya pun mengharapkan agar pasar tradisional tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik.

“Kalau bisa warga kota juga ke sini, sekalipun jauh, kita kaji spesifikasinya lagi nanti supaya bisa dikembangkan,” tandasnya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Sudiharti akan segera melaksanakan instruksi dari Bupati Kudus. Pelaksanaan akan dilaksanakan secara bertahap.

“Semua masukan akan kita upayakan supaya bisa teratasi semua,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...