Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

160 Personel Satlinmas Undaan Kudus Digembleng untuk Amankan Pemilu

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 160 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) perwakilan dari 16 desa di Kecamatan Undaan dilatih mental dan fisik untuk mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) April mendatang. Mereka akan ditugaskan bersama TNI Polri di masing-masing TPS, dengan rincian 20 orang pihak Linmas, dua TNI, serta dua Polri.

Pelatihan sendiri digelar di Sendang Wonosoco dan diisi berbagai materi pelatihan. Mulai dari materi wawasan kebangsaan yang diisi Kapolres Kudus, AKBP Saptono hingga materi kepemiluan yang diberikan oleh pihak terkait guna memberikan tambahan wawasan.

Game kekompakan serta ketahanan tubuh juga diselenggarakan dan dilombakan. Dengan tujuan membentuk fisik yang siap saat mengamankan coblosan pemilu mendatang.

Camat Undaan, Rinardi Budiyanto mengatakan, pihaknya sengaja mempersiapkan para perwakilan Linmas masing-masing desa untuk membantu mengamankan jalannya pesta demokrasi. Harapannya, para Linmas terlatih akan menyalurkan ilmunya di masing-masing desa.

“Kita latih mereka untuk mendukung pelaksanaan pemilu, terutama dalam hal pengamanan,” ujarnya.

Puluhan anggota linmas mengikuti apel penutupan Jambore Satlinmas di sendang Wonosoco, Undaan, Kudus (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Kegiatan ini, tegas Rinardi, sudah menjadi agenda tiap tahun. Hanya terkait pengemasan acara dibuat berbeda di tiap tahunnya. Untuk tahun ini, kegiatan dilangsungkan dengan model jambore.

“Kita kemas berbeda tiap tahunnya supaya ada peningkatan,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, pihaknya berharap para Linmas bisa tangguh disegala medan dan kegiatan. Serba bisa, adalah harapan yang ditekankan pihaknya pads para Linmas yang sudah dilatih selama dua hari ini.

“Tentunya juga kuat saat mengamankan pemilu mendatang,” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan Sudarmi Kasi Trantibhum Kecamatan Undaan. Pihaknya menambahkan, jika Linmas Undaan sangat bisa diandalkan dalam hal apapun. Terurama kesiapan mereka terkait penanganan bencana. Mengingat Undaan merupakan daerah yang bisa dikatakan rawan.

“Mereka sangat siap dalam hal itu, Linmas Undaan itu plus-plus, alias serba bisa,” tandasnya.

Terkait pemilu, kecamatan Undaan sendiri akan mempunyai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 286 TPS. Sedangkan untuk hak pilih berada di angka 57.717 suara. Jumlah tersebut bisa berubah apabila yang bersangkutan (pemilik hak pilih) melakukan pencoblosan suara di luar Undaan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...