Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Personel Dikerahkan Amankan Pemilu di Jepara

MuriaNewsCom, Jepara – Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman menyatakan puas dengan kesiapan personel pengamanan Pemilu 2019 di Jepara.

Menyusul dilaksanakannya latihan Sispamkota yang dilaksanakan Rabu (06/03/2019) di depan Gedung KPU Jepara, pihaknya melihat sudah ada pemahaman dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Menurutnya, dalam pengamanan Pemilu 2019 ini semua elemen yang terlibat harus benar-benar memahami prosedur dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas.

Para personel harus bisa bertindak, bersikap tepat dan benar dalam sebuah koordinasi yang utuh. Sehingga penanganan gangguan pengamanan bisa dilakukan dengan tuntas tanpa menimbulkan persoalan lain.

“Koordinasi dan pengorganisasian dalam kegiatan ini sangat penting. Sebab Sispamkota tidak hanya melibatkan beberapa petugas namun ratusan bahkan ribuan personel. Tidak hanya dari Polres atau TNI, namun juga pemerintah, lembaga dan institusi terkait lainnya,” ujar AKBP Arif Budiman.

Pada Pemilu 2019 nanti, untuk pengamanannya akan melibatkan personel dari berbagai lembaga. Nantinya akan ada 550 personil Polres Jepara yang disebar dan 50 personel Brimob yang stand by di Mapolres Jepara.

Baca : Jika Ricuh Pemilu di Jepara Pecah, Begini Skenario yang Bakal Dilakukan Polisi dan TNI

Kemudian masih akan didukung tambahan personel dari Kodim 0719/Jepara sebanyak 323 orang, yang disebar ke berbaga lokasi dan 100 personel yang stand by di Makodim 0719/Jepara.

Di luar itu masih ada ribuan anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang akan berada di bawah koordinasi Polres Jepara. Untuk Linmas jumlahnya bahkan bisa mencapai lebih dari 6 ribu orang.

Mereka akan ditempatkan di masing-masing TPS sebanyak dua orang. Kemudian juga di balai desa atau kelurahan.

“Kalau di Jepara ada 3.285 TPS, ya tinggal mengalikan 2 saja untuk tahu berapa jumlah personel Linmas yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini,” tandasnya.

 

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...