MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tim Gowes Jelajah Trans Jawa Diantar Ganjar Belusukan ke Desa-desa

0 67

MuriaNewsCom, Semarang – Rombongan peseda tim Jelajah Tour Trans Jawa yang bertolak dari Surabaya 4 Maret 2019 lalu, Rabu (6/3/2019) tiba di Semarang. Mereka berencana gowes selama lima hari dan finish di Istana Negara Jakarta pada 8 Maret 2019.

Jarak yang ditempuh pada rute gowes ini sepanjang 900 km. Dari Semarang mereka mengayuh sepeda sampai ke Kendal dan langsung menuju Cirebon.

Ada 75 goweser yang mengikuti ekspedisi ini. Dan sebagian besar dari mereka berasal dari luar Jawa.

Di Semarang rombongan ini disambut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bahkan Ganjar yang juga hobi gowes ini mengantar rombongan ini sampai ke Kendal.

Di tengah perjanalanan mereka diajak belusukan ke desa-desa, dan Ganjar memamerkan hasil pembangunan di desa-desa tersebut

“Hari ini teman-teman yang melakukan jelajah Tour Trans Jawa sudah masuk Jawa Tengah. Ternyata mereka melihat pembangunan infrastruktur secara langsung dan yang menarik para goweser ini masuk ke desa-desa,” kata Ganjar.

Salah satu yang dipamerkan Ganjar yakni  BUMDes Langgeng Sari Jaya, di Desa Karangayu Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal.

Sebelumnya mereka juga telah singgah di Desa Lerep dan Kalisidi Kabupaten Semarang. Di sana tim melihat langsung pembangunan infrastruktur dari dana desa.

“Kita melihat hasil pembangunannya, memang Dana Desa lebih banyak untuk infrastruktur. Ini BUMDes sudah berjalan dan menarik. BUMDes Langgeng Sari Jaya. Dia punya tiga unit usaha, dan yang menarik ada unit usaha sekolah sepakbola (SSB) SSB Cakra Muda. Jadi ini menarik,” lanjut Ganjar.

Yang lebih unik dan dibanggakan Banjar kepada tim gowes, yakni BUMDes itu tak hanya mengelola SSB. Tetapi juga mengelola sampah keluarga dan mengelola pasar.

Melihat dan menikmati langsung infrastruktur memang jadi tujuan utama Jelajah Tour Trans Jawa ini. Tidak jarang, mereka dibuat terkesima dengan progres pembangunan infrastruktur, terutama saat melewati pedesaan.

Salah satu peserta, Fahriansjah, goweser dari Makassar mengatakan, pesona infrastruktur dan pedesaan memang membuat wajah seluruh wilayah di Indonesia semakin cantik.

“Kemarin ketika menjelajahi Jawa Timur, betapa bagusnya infrastruktur yang telah dikerjakan. Selain itu, pembangunan di desa-desa juga semakin gencar,” katanya. (lhr)

 

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.